eprintid: 5764 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/57/64 datestamp: 2012-11-30 10:32:32 lastmod: 2017-04-05 08:40:47 status_changed: 2012-05-04 16:48:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ROMICO PUTRA D NIM. 06420039 -, title: EFEKTIFITAS PROGRAM KELAS INTENSIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) GODEAN TAHUN AKADEMIK 2009 2010 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Program Kelas Intensif , Pembelajaran Bahasa Arab note: Pembimbing : Drs.H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan program kelas intensif dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Godean, baik itu dalam hal efektifitas proses pembelajaran, sampai kepada efektifitas hasil yang diperoleh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Godean. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga cara, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses observasi peneliti lakukan dengan mengamati proses pembelajaran bahasa Arab yang terjadi di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Godean. Peneliti mengamati semua aktifitas yang terjadi di dalam kelas secara langsung. Baik itu aktifitas guru maupun aktifitas siswa. Sedangkan untuk data-data tentang pembelajaran yang tidak bisa peneliti dapatkan dengan cara observasi, peneliti menggunakan cara lain yaitu wawancara langsung dengan beberapa informan yang berkompeten dengan data atau informasi yang peneliti butuhkan. Dintara informan yang peneliti wawancarai adalah guru bahasa Arab, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kepala bagian tata usaha, dan beberapa orang siswa. Untuk data-data yang bersifat dokumen, peneliti menggunakan metode dokumantasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program kelas intensif ini efektif dalam beberapa hal, yaitu (1) pengorganisasian dan manajemen kelas menjadi lebih optimal, (2) suasana kelas menjadi lebih tertib, (3) kebebasan anak dalam belajar menjadi lebih maksimal, (4) perhatian yang diberikan guru kepada siswa menjadi lebih intensif, (5) motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab menjadi meningkat, (6) hasil belajar siswa terbukti meningkat dan mengalami perbedaan yang signifikan dengan siswa di kelas biasa atau non intensif. Namun yang kurang efektif adalah pada aspek pengolahan materi pelajaran. Dalam hal ini siswa belum dapat mandiri dalam mengolah materi pelajaran. Guru masih menjadi pemeran tunggal dalam menyampaikan materi kepada siswa. Dengan demikian peneliti merekomendasikan bahwa program kelas intensif ini layak untuk terus dilanjutkan seiring dengan dilakukan pengembangan-pengembangan guna untuk mencapai hasil yang lebih maksimal. Kesimpulan tersebut peneliti tarik dari data-data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Godean dengan menerapkan program kelas intensif ini telah berjalan secara efektif dan sesuai dengan prinsip-psinsip pembelajaran efektif. date: 2011-03-07 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-03-07 11:00:28 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--romicoputr-5544-1-romicop-0.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/111/digilib-uinsuka--romicoputr-5544-1-romicop-0.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6159 ; nama file lama : ROMICO PUTRA D NIM. 06420039 - EFEKTIFITAS PROGRAM KELAS INTENSIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) GODEAN TAHUN ; format file : application/pdf ; besar file : 1548456 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ROMICO PUTRA D NIM. 06420039 -, (2011) EFEKTIFITAS PROGRAM KELAS INTENSIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) GODEAN TAHUN AKADEMIK 2009 2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5764/1/BAB%20I%2C%20IV%2CDAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5764/2/BAB%20II%2C%20III.pdf