relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57663/ title: INSTITUSI PENDIDIKAN BERBASIS REAL MASJID 2.0 DI YOGYAKARTA creator: Dwi Ratnasari, - creator: Mila Roza, - subject: ISLAM DAN PENDIDIKAN description: Saat ini kita tidak membutuhkan masjid yang mewah, tetapi yang kita butuhkan adalah masjid yang dapat menjawab kebutuhan umat didalamnya. Untuk menjawab kegelisahan ini, penulis akan menyajikan sebuah role model yang mendikte eksistensial masjid secara fungsi sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. Berdasarkan penelitian ini, Real Masjid 2.0 adalah masjid yang memenuhi kriteria itu. Berbeda dengan masjid lainnya, justru masjid ini ikut membersamai umat untuk berjamaah dalam mengatasi masalah yang timbul dimasyarakat melalui program masjid yang bergerak dibidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan keagamaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program-program yang disusun oleh Real Masjid mampu memberikan ruang dan kesempatan bagi masyarakat untuk menjadikan masjid sebagai solusi dalam mencerdaskan umat melalui pendidikan Islam yang bersumber kepada Al-Quran dan Hadis. publisher: PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PROGRAM MAGISTER FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA date: 2023 type: Monograph type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57663/1/INSTITUSI%20PENDIDIKAN%20BERBASIS%20REAL%20MASJID%202.0.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57663/2/HAKI%20-%20INSTITUSI%20PENDIDIKAN%20BERBASIS%20REAL%20MASJID.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57663/3/surat-surat-pernyataan1680305117.pdf identifier: Dwi Ratnasari, - and Mila Roza, - (2023) INSTITUSI PENDIDIKAN BERBASIS REAL MASJID 2.0 DI YOGYAKARTA. Documentation. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PROGRAM MAGISTER FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, Yogyakarta.