@phdthesis{digilib57704, month = {July}, title = {PENGEMBANGAN LKS KIMIA MATERI POKOK TEORI ATOM BOHR DAN MEKANIKA QUANTUM UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 (BERDASARKAN STANDAR ISI)PENGEMBANGAN LKS KIMIA MATERI POKOK TEORI ATOM BOHR DAN MEKANIKA QUANTUM UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 (BERDASARKAN STANDAR ISI)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 06670019 Wuri Handayani}, year = {2010}, note = {Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si}, keywords = {Lembar Kerja Siswa; penelitian pengembangan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57704/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah menyusun Lembar Kerja Siswa (LKS) Kimia yang memenuhi kriteria berkualitas. Kualitas LKS kimia dinilai menurut penilaian guru kimia dan siswa SMA/MA, sehingga LKS dapat digunakan sebagai sumber belajar penunjang dalam pembelajaran Kimia. Prosedur pengembangan LKS terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. LKS diberi masukan oleh 1 orang dosen pembimbing, 2 orang ahli media, dan 3 orang teman sejawat (peer reviewer). LKS ini kemudian dinilai kualitasnya oleh 3 orang guru kimia SMA/MA dan 10 orang siswa SMA/MA. Penilaian LKS didasarkan pada 10 aspek penilaian, yaitu: pendekatan penulisan, kebenaran konsep kimia, kedalaman konsep, keluasan konsep, kejelasan kalimat, kebahasaan, evaluasi belajar, kegiatan/percobaan kimia, keterlaksanaan, dan penampilan fisik. Nilai kualitas yang diperoleh dalam bentuk data deskriptif kemudian diubah menjadi skor. Skor rata-rata LKS diubah menjadi kategori nilai, sehingga kualitas LKS dapat ditentukan melalui konversi skor rata-rata data dengan kategori nilai tersebut. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) Kimia Materi Pokok Teori Atom Bohr dan Mekanika Quantum untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Semester 1 (Berdasarkan Standar Isi) memenuhi kriteria kualitas. Kualitas LKS yang telah disusun berdasarkan penilaian guru kimia dan siswa diperoleh skor rata-rata 97,88 atau 81,66\%. LKS tersebut memiliki skor dengan kriteria kualitas Sangat Baik (SB).} }