@phdthesis{digilib5781, month = {March}, title = {MOTIVASI SISWA KELAS XI MAN MAGUWOHARJO DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { GITO KURNIAWAN - NIM. 06410052 }, year = {2011}, note = {Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag.}, keywords = {Motivasi , Perpustakaan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5781/}, abstract = {Latar belakang dari penelitian ini adanya motivasi siswa Kelas XI MAN Maguwoharjo yang sangat berbeda dengan kelas lainnya. Kelas XI dijadikan sampel karena dalam riset pendahuluan yang penulis lakukan ditemukan bahwa kelas XI memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang cukup menonjol dibandingkan dengan kelas-kelas lainnya di lingkungan MAN Maguwoharjo. Penulis fokus dalam rumusan masalah bagaiman motivasi kelas XI dalam memanfaatkan perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Motivasi Siswa Kelas XI MAN Maguwoharjo dalam Memanfaatkan Perpustakaan. Cukup beragam sekali motivasi yang dimiliki oleh siswa kelas XI MAN Maguwoharjo dalam memanfaatkan perpustakaan. Ada benar-benar termotivasi oleh dorongan diri sendiri dan ada pula yang disebabkan oleh banyak hal. Dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi siswa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MAN Maguwoharjo Sleman. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara yang mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan metode induktif yaitu cara berfikir yang berangkat dari fakta-fakta. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi, yaitu triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Motivasi para siswa dalam memanfaatkan perpustakaan lebih dominan dipengaruhi oleh motivasi instrinsik para siswa. Hal ini terlihat dengan kecendrungan para siswa dalam memanfaatkan perpustakaan dilatarbelakangi dengan factor, belajar mandiri, membaca novel, meminjam buku, menambah wawasan dan lain sebagainya. (2) Sementaara factor lain dalam mempengaruhi para siswa dalam memanfaatkan perpustakaan dilatarbelakangi oleh factor ekstrinsik. Seperti dorongan para guru, teman, memanfaatkan sarana-prasarana perpustakaan dan mendapatkan pujian atau nilai yang baik. } }