@book{digilib57826, title = {PANDUAN MODIFIKASI KURIKULUM PERGURUAN TINGGI: Pendekatan Universal Design for Learning (UDL) dan Adaptasi}, author = {- Ro?fah and - Jamil Suprihatiningrum and - Andayani and - Asep Jahidin and - Siti Aminah and - Astri Hanjarwati}, address = {Yogyakarta}, publisher = {Suka Press}, year = {2021}, keywords = {Kurikulum, Pendidikan, Universal Design for Learning (UDL)}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57826/}, abstract = {PLD UIN Sunan Kalijaga mempunyai pandangan yang {\ensuremath{<}}br/{\ensuremath{>}}inklusif di mana mahasiswa difabel diberikan kelonggaran {\ensuremath{<}}br/{\ensuremath{>}}dalam memilih Program Studi yang diminati, aksesibilitas {\ensuremath{<}}br/{\ensuremath{>}}dan fleksibilitas dalam proses perkuliahan. Oleh karena itu, {\ensuremath{<}}br/{\ensuremath{>}}PLD merekomendasikan dosen dalam kegiatan perencanaan {\ensuremath{<}}br/{\ensuremath{>}}pembelajaran dan desain kurikulum menggunakan dua {\ensuremath{<}}br/{\ensuremath{>}}pendekatan, yaitu Universal Design for Learning (UDL) dan {\ensuremath{<}}br/{\ensuremath{>}}ix{\ensuremath{<}}br/{\ensuremath{>}}Adaptasi. Melalui pendekatan UDL, kurikulum didesain {\ensuremath{<}}br/{\ensuremath{>}}secara umum, berlaku untuk semua mahasiswa dan berupaya untuk memenuhi setiap kebutuhan belajar individu {\ensuremath{<}}br/{\ensuremath{>}}mahasiswa termasuk kebutuhan mahasiswa difabel.} }