relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57826/ title: PANDUAN MODIFIKASI KURIKULUM PERGURUAN TINGGI: Pendekatan Universal Design for Learning (UDL) dan Adaptasi creator: Ro’fah, - creator: Jamil Suprihatiningrum, - creator: Andayani, - creator: Asep Jahidin, - creator: Siti Aminah, - creator: Astri Hanjarwati, - subject: Kurikulum description: PLD UIN Sunan Kalijaga mempunyai pandangan yang
inklusif di mana mahasiswa difabel diberikan kelonggaran
dalam memilih Program Studi yang diminati, aksesibilitas
dan fleksibilitas dalam proses perkuliahan. Oleh karena itu,
PLD merekomendasikan dosen dalam kegiatan perencanaan
pembelajaran dan desain kurikulum menggunakan dua
pendekatan, yaitu Universal Design for Learning (UDL) dan
ix
Adaptasi. Melalui pendekatan UDL, kurikulum didesain
secara umum, berlaku untuk semua mahasiswa dan berupaya untuk memenuhi setiap kebutuhan belajar individu
mahasiswa termasuk kebutuhan mahasiswa difabel. publisher: Suka Press date: 2021 type: Book type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57826/2/surat-surat-pernyataan1681069611.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57826/14/Panduan%20Modifikasi%20Kurikulum%20Perguruan%20Tinggi%20Pendekatan%20Universal%20Design%20for%20Learning%20%28UDL%29%20dan%20Adaptasi.pdf identifier: Ro’fah, - and Jamil Suprihatiningrum, - and Andayani, - and Asep Jahidin, - and Siti Aminah, - and Astri Hanjarwati, - (2021) PANDUAN MODIFIKASI KURIKULUM PERGURUAN TINGGI: Pendekatan Universal Design for Learning (UDL) dan Adaptasi. Suka Press, Yogyakarta. ISBN 978-623-7816-43-0