@phdthesis{digilib57893, month = {November}, title = {HUBUNGAN KEMATANGAN SOSIAL DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU KONSUMTIF DALAM PEMBELIAN PRODUK PEMUTIH WAJAH PADA SANTRIWATI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 06710001 Zulfa Azizah}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Ruspita Rani Pertiwi, S. Psi, M.M}, keywords = {Kematangan Sosial, Kecenderungan Perilaku Konsumtif, Produk Pemutih Wajah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57893/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kematangan sosial dengan kecenderungan perilaku konsumtif dalam pembelian produk pemutih wajah pada santriwati di Pondok Pesantren Ali maksum Krapyak Jogyakarta. Subjek yang digunakan adalah santriwati Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Jogyakarta, dengan jumlah subyek 48 orang. Kematangan sosial santriwati diukur dengan skala kematangan sosial, sedangkan perilaku konsumtif santriwati diukur dengan skala perilaku konsumtif. Analisis yang digunakan untuk mencari korelasi antara kematangan sosial dengan perilaku konsumtif pada santriwati Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Jogyakarta adalah analisis product moment dari pearson. Hasil perhitungan statistik menunjukkan nilai rxy sebesar -0.402 dengan p = 0,001 (p {\ensuremath{<}} 0,01), dengan angka tersebut membuktikan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara kematangan sosial dengan kecenderungan perilaku konsumtif pada santriwati Pondok Pesantren Ali Maksum Jogyakarta. Hasil analisis data tersebut sekaligus membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima yaitu ada hubungan negatif antara kematangan sosial dengan kecenderungan perilaku konsumtif dalam pembelian produk pemutih wajah pada santriwati Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Jogyakarta. Semakin tinggi kematangan sosial maka kecenderungan perilaku konsumtif akan semakin rendah. Sebaliknya, semakin rendah kematangan sosial maka kecenderungan perilaku konsumtif akan semakin tinggi.} }