@phdthesis{digilib5795, month = {March}, title = {PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TUNANETRA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { ELY MAKNUNATIN - NIM. 06410110 - }, year = {2011}, note = {Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag.}, keywords = {Motivasi Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5795/}, abstract = {Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya mahasiswa tunanetra masuk perguruan tinggi yang secara khusus menangani pendidikan untuk Difable karena psikologis anak difabel dengan anak yang normal sangat berbeda, Namun pada realitanya di Fakultas Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta banyak ditemui mahasiswa tunanetra yang sedang menempuh proses pembelajaran, mereka merasa enjoy, tidak merasa minder, tetap percaya diri dan dia selalu optimis bisa menjalaninya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh konsep diri terhadap motivasi belajar mahasiswa tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri yang dimiliki mahasiswa tunanetra, bagaimana motivasi belajar mahasiswa tunanetra, dan apakah ada pengaruh antara konep diri yang dimiliki dengan motivasi belajar mahasiswa Tunanetra Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil lokasi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan menjadikan mahasiswa tunanetra sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode Angket, observasi , wawancara dan dokumentasi. Analisi instrumen meliputi analisis validitas dan reliabelitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 25 butir angket konsep diri terdapat 23 butir terbukti valid, 25 butir angket motivasi terbukti 23 butir angket valid, sedangkan hasil analisis reliabilitasnya menunjukka koefisien reliabelitas untuk konsep diri sebesar 0,817 sedangkan untuk motivasi sebesar 0,829 dan dinyatakan reliabel, analisis data meliputi analisis deskrptif, analisis korelasi dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Konsep diri mahasiswa tunanetra Fakultas Tarbiyah secara umum adalah sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan konsep diri mahasiswa tunanetra dipeeroleh 86.00\% dengan standar deviasi 1.89. Hasil tersebut berada pada interval 85\% - 100\% dan dalam kategori sangat tinggi, sedangkan untuk motivasi belajar diperoleh 87.54\% dengan standar deviasi 2. Hasil tersebut berada pada interval 85\% - 100\% dan dengan kategori sangat tinggi. 3). Ada hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar mahasiswa tunanetra Fakultas Tarbiyah dn Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan hasil penelitian menunjukkan signifikansi pengaruh konsep diri terhadap motivasi belajar mahasiswa Tunanetra Fakultas Tarbiyahdan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta di perolehan r hitung sebesar 0.859\% terletak pada interval 0.800-1000 dan dengan katagori sangat kuat. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konsep diri positif semakin tinggi pula motivasi belajar mahasiswa tunanetra Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta begitu juga sebaliknya. } }