eprintid: 5803 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/58/03 datestamp: 2013-02-07 11:13:29 lastmod: 2013-02-07 11:15:40 status_changed: 2012-05-04 16:48:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LAILA NGIDANA ZULFA - NIM. 06410048 , title: EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS VIII DI MTsN KARANGAWEN DEMAK ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Metode Cooperative Learning Teknik Jigsaw note: Pembimbing : DR. Sukiman, S.Ag., M.Pd. abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya dalam proses pembelajaran, siswa dituntuk aktif dan berintelegensi tinggi namun tidak individualis, jadi para pendidik hendaknya menggunakan metode yang variatif. Namun dalam pembelajaran SKI pada madrasah-madrasah di Karangawen, khususnya di MTsN Karangawen masih menggunakan metode konvensional jadi terkesan monoton. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang metode Cooperative Learning teknik Jigsaw dalam pembelajaran SKI bagi kelas VIII MTsN Karangawen Demak. Yang menjadi permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw dalam pembelajaran SKI pada kelas VIII di MTsN Karangawen,serta bagaimana perbedaaan hasil belajar SKI antara siswa dalam kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Penelitian ini untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diadakannya treatment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Karangawen Tahun Ajaran 2009-2010 sebanyak 278 siswa, pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling, untuk menentukan kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan dengan teknik undian, sehingga menghasilkan VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 25 butir soal terdapat 23 butir terbukti valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,796 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homoginitas, dan uji beda t. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil penerapan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw dalam pembelajaran SKI pada kelas VIII di MTsN Karangawen lebih meningkatkan keaktifan siswa pada setiap pertemuan. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar SKI dengan menggunakan Cooperative Learning teknik Jigsaw pada kelompok eksperimen dan metode konvensional pada kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari rata-rata skor peningkatan hasil belajar SKI pada posttest, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan lebih tinggi yaitu sebesar 6,02, sedangkan kelompok kontrol hanya sebesar 4,36, serta pada rata-rata nilai hasil proses pembelajran pada kelompok eksperimen sebesar 70,67, sedangkan kelompok kontrol hanya 62,38. Hal ini menunjukkan bahwa metode Cooperative Learning teknik Jigsaw lebih efektif untuk pembelajaran SKI materi Dinasti Ayyubiyyah pada kelas VIII di MTsN Karangawen. date: 2011-03-10 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-03-10 11:01:17 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--lailangida-5583-1-lailang-k.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/112/digilib-uinsuka--lailangida-5583-1-lailang-k.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6201 ; nama file lama : LAILA NGIDANA ZULFA NIM. 06410048 - EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS VI ; format file : application/pdf ; besar file : 1081099 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: LAILA NGIDANA ZULFA - NIM. 06410048 , (2011) EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS VIII DI MTsN KARANGAWEN DEMAK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5803/1/BAB%20I%2CIV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5803/2/BAB%20II%2CIII.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5803/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5803/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5803/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5803/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5803/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5803/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5803/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5803/10/small.jpg