TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag. ID - digilib58127 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58127/ A1 - Aris Syamsul Hadi, NIM.: 05410131-04 Y1 - 2011/07/21/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pondok pesantren terbukti mampu menunjukkan eksistensinya sejak zaman dulu sampai sekarang. Dengan model pendidikan yang khas dan kadang terkesan sederhana namun mampu menghasilkan output yang mempunyai kepribadian baik dan teguh. Para santri di pondok pesantren mampu menjadi agent of change di masyarakat. Penyusun beranggapan bahwa pondok pesantren dengan metode pendidikan yang unik mampu membentuk kepribadian islami pada peserta didik. Ada metode-metode yang digunakan dalam proses pembentukan kepribadian islami di Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah metode apa saja yang digunakan dalam proses pembentukan kepribadian islami dan apa factor pendukung yang ada dalam proses pembentukan kepribadian islami di Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang metode-metode yang di terapkan dalam proses pembentukan kepribadian islami di Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta serta factor pendukungnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk melengkapi wacana dan pengetahuan dalam dunia pendidikan serta dapat diterapkannya metode pembentukan kepribadian yang ada di pondok pesantren pada pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan formal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembentukan kepribadian islami di Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta menggunakan metode-metode sebagai berikut: metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat (mau?idloh hasanah), metode cerita (kisahkisah teladan), metode motivasi dan penghargaan, metode perhatian, metode hukuman, metode dzikir dan metode doa. Metode-metode tersebut berhasi diterapkan dengan baik yang didukung oleh factor lingkungan yang islami dan adanya pendidik atau pengasuh yang alim (berilmu pengetahuan luas dan mendalam) sehingga mampu menjadi figure teladan yang memberikan bimbingan dan teladan yang baik kepada peserta didiknya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kepribadian Islami KW - Santri KW - Pendidikan Islam M1 - skripsi TI - METODE PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ISLAMI DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAN KRAPYAK YOGYAKARTA AV - restricted EP - 107 ER -