eprintid: 5813 rev_number: 28 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/58/13 datestamp: 2013-03-26 12:22:52 lastmod: 2016-03-01 04:51:03 status_changed: 2012-05-04 16:48:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ANAS SUMARHADI - NIM. 06680028, title: PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MELALUI METODE MIND MAPS TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Joyful Learning, Mind Maps, Minat, Prestasi note: Pembimbing : Drs. Satino, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan joyful learning melalui metode mind maps terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011 pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain non-equivalent pretest postest design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran dengan pendekatan joyful learning melalui metode mind maps dan variabel terikat berupa minat dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA yang terbagi menjadi 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, dengan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar angket minat belajar. Analisis data minat belajar siswa menggunakan analisis deskriptif dengan tehnik persentase dan analisis prestasi belajar siswa menggunakan Uji t berpasangan. Berdasarkan hasil analisis deskriptif angket minat belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan adanya perbedaan rata-rata tiap aspek. Hal ini berarti pembelajaran dengan pendekatan joyful learning melalui metode mind maps berpengaruh terhadap minat belajar siswa, karena rata-rata minat belajar biologi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Analisis hasil prestasi belajar siswa setelah dilakukan pengujian statistik dengan uji t menghasilkan p = 0.032 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan joyful learning melalui metode mind maps berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. date: 2011-03-10 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-03-10 12:11:02 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--anassumarh-5594-1-anassum-k.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/112/digilib-uinsuka--anassumarh-5594-1-anassum-k.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6212 ; nama file lama : ANAS SUMARHADI NIM. 06680028 - PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MELALUI METODE MIND MAPS TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 YOGYAK.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2010284 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ANAS SUMARHADI - NIM. 06680028, (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MELALUI METODE MIND MAPS TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5813/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5813/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf