<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA)"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah memandang proses pembelajaran di\r\nsekolah ternyata tidak menjadi media pembebasan dan penanaman nilai-nilai\r\nkemanusiaan. Sistem pendidikan yang tidak dialogis juga telah menyebabkan\r\nbakat dan kreatifitas anak didik tidak bisa berkembang secara baik. Komunitas\r\nBelajar Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga mencoba menyelesaikan persoalan\r\ndiatas dengan menerapkan metode pendidikan pembebasan dalam\r\npembelajarannya. Pendidikan Pembebasan adalah model pendidikan yang\r\nbertumpu pada aspek kebebasan manusia. Tujuannya adalah menumbuhkan\r\nkesadaran peserta didik akan hak dan tanggungjawabnya. Kesadaran ini\r\ndimaksudkan untuk menumbuhkan cara berpikir kritis, mandiri, dan kreatif\r\nsebagai pengakuan dan penghormatan terhadap eksistensi anak didik. Penelitian\r\nini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan\r\npendidikan pembebasan di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Kalibening\r\nSalatiga.\r\nPenelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan, dengan\r\npendekatan teori kritis. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan\r\npengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan\r\ndengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari\r\nmakna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan\r\nmenggunakan teknik trianggulasi sumber.\r\nHasil penelitian menunjukkan: (1) Berdirinya Komunitas Belajar Qaryah\r\nThayyibah Salatiga didasarkan pada keinginan sederhana untuk mengumpulkan\r\nanak-anak para tetangga agar dapat belajar dengan baik, dan untuk menyadarkan\r\nmasyarakat bahwa belajar tidak boleh bergantung pada apapun dan siapapun.\r\nUsaha mendirikan sekolah alternatif ini berangkat dari pengalaman obyektif\r\nmasyarakat Kalibening yang menganggap bahwa pendidikan yang ada selama ini\r\nadalah tidak manusiawi dan cenderung menempatkan siswa sebagai subyek,\r\napalagi sistem pendidikan yang ada masih dirasakan sangat birokratis dan\r\nsentralistik serta kurung terpenuhinya akses pendidikan bagi warga miskin\r\nmarjinal. (2) Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah dalam pelaksanaan\r\npembelajarannya menggunakan kurikulum berbasis kebutuhan yang\r\nmemposisikan peseta didik sebagai subyek, dengan memberikan kebebasan untuk\r\nberekspresi dan berkreasi, guru bertindak sebagai fasilitator yang bertugas\r\nmemberikan kesempatan dan motivasi belajar bagi siswa untuk mengenali dan\r\nmengembangkan potensinya. Suasana kelas didesain sesuai dengan kebutuhan dan\r\nkeinginan siswa, begitu juga dengan materi dan metode pembelajarannya. Proses\r\npembelajaran yang dinamis dan membebaskan sehingga pembelajaran\r\nberlangsung dalam suasana dialogis, tidak kaku dan menyenangkan yang terbagi\r\ndalam kegiatan pembelajaran kelas, forum dan pribadi. Desain evaluasi\r\nmenggunakan evaluasi pribadi yang merupakan format bersama antara guru dan\r\nsiswa, tetapi siswa lebih berperan aktif dalam proses evaluasi, karena sejatinya\r\nevaluasi adalah proses pengenalan siswa terhadap kekurangan, kelebihan,\r\nkemampuan, dan potensi yang dimilikinya. Selain itu adapula evaluasi kelas dan\r\nkomunitas yang berlangsung saat kegiatan upacara dan refleksi. (3) Hasil yang\r\ndicapai dikategorikan dalam prestasi akademik dan prestasi non akademik.\r\nPrestasi akademik meliputi peningkatan nilai akademik, prestasi lomba karya\r\nilmiah remaja, dan karya-karya lainnya. Sedangkan prestasi non akademik\r\nmeliputi rasa ingin tahu yang tinggi, kejujuran, prestasi dibidang seni dan\r\nkeahlian-keahlian lainnya."^^ . "2011-08-22" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 04410831"^^ . "Raras Pratiwi"^^ . "NIM.: 04410831 Raras Pratiwi"^^ . . . . . . "MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA) (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA) (Text)"^^ . . . . . "MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #58131 \n\nMODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Karakter" . .