%A NIM.: 04410849 Ahmad Nasikhin %O Pembimbing: Dr. Mahmud Arif, M.Ag. %T KONSEP ETIKA DALAM PEMBELAJARAN (STUDI KOMPARATIF KITAB WASAYA AL-ABA’ LI AL-ABNA’ DAN KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM) %X Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, menganalisis perbandingan konsep etika pembelajaran menurut Syaikh Syakir al-Iskandari dalam kitab Wasa>ya> al-A’ dengan KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Aya> al-A’ dan kitab Aya> al-A’ li al-Abna>’, Syaikh Sya>kir tidak memperinci satu persatu seperti pada kitab Akir, sebaliknya Syaikh Sya>kir juga tidak membahas etika murid terhadap kitabnya seperti yang dikupas oleh Kyai Hasyim. Namun dalam etika selain itu, kedua ulama’ tersebut sama-sama membahasnya. Dalam pembahasan itu, keduanya ada persamaan dan perbedaan. Perbandingan antara kedua kitab tersebut adalah sebagai berikut: Pertama, etika murid terhadap dirinya sendiri: (1) Persamaannya:aspek spiritual, aspek psikologi, dalam hal interaksi, anjuran untuk menyadari potensi diri, fitrah, serta kualitas diri. (2) Perbedaannya: aspek teknis, mengingat jasa orang tua, menjaga pergaulan dengan lawan jenis, aspek jasmaniah. Kedua, etika murid terhadap gurunya: (1)Persamaannya: aspek teknis, interaksi pelajar sebagai penuntut ilmu, penempatan guru di posisi agung. (2) Perbedaannya: spiritual khusus, aspek manusiawi. Ketiga, etika murid terhadap pelajarannya. (1) Persamaannya: penerapan etika ketika berlangsungnya pelajaran, penerapan etika pasca pembelajaran. (2) Perbedaannya: aspek teknis, pemanfatan waktu, mengingat viii ujian pelajaran, anjuran berhati-hati menanggapi ikhtilaf ulama’.Tetapi perbedaan yang ada dalam kedua kitab diatas bukanlah perbedaan yang bersifat kontradiktif (bertentangan). Sehingga justru akan saling melengkapi dan menyempurnakan bentuk-bentuk etika dalam pembelajaran. %K Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandar, KH. Hasyim Asy’ari, Etika Pembelajan %D 2011 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib58132