TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd ID - digilib58135 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58135/ A1 - Andi Rahman Kholiq, NIM.: 05410126 Y1 - 2011/09/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata pelajaran Agama Islam di di Madrasah Mu?allimin Muhammadiyah Yogyakarta dengan berfokus pada peran guru dalam proses pembelajaran dikelas. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sabagai dasar dalam melakukan proses pembelajaran dengan melihat tahap perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data Madrasah Mu?allimin Muhammadiyah Yogyakarta, pada kelas XI IPA, XI IPS, dan XI MAK. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memberi arti, makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dalam skripsi ini menggunakan teknik triangulasi yakni dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan : 1) Guru hanya memerankan peran guru sebagai demonstrator dan evaluator saja, guru belum bisa memerankan peran guru sebagai pengelola kelas, mediator dan fasilitator secara baik. 2) Faktor yang menjadi pendukung adalah kesiapan guru sebelum proses pembelajaran, ketersediaan buku-buku paket yang telah dimiliki para siswa, dan banyak buku pendukung yang tersedia diperpustakaan. 3) faktor yang menjadi enghambat adalah muncul dari para siswa itu sendiri yaitu banyak para siswa yang mengantuk serta tidur didalam kelas, keterbatasan media pembelajaran hadist dan materi pelajaran yang menggunakan bahasa arab. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Hadist KW - Guru KW - Pelaksanaan KTSP M1 - skripsi TI - PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN HADIST KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH MU?ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA AV - restricted EP - 117 ER -