%A NIM.: 05470065 Ni’mah Laily Sulastri %O Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag %T PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP ETOS KERJA GURU PAI DI SMP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kompetensi pedagogik guru PAI, mengetahui kondisi etos kerja guru PAI dan mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap etos kerja guru PAI di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Subyek penelitan terdiri dari dua orang guru PAI, Kepala Sekolah, 18 siswa masing-masing dari kelas VII dan VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan deduktifinduktif. Pemeriksaan keabsahan data dengan dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kondisi kompetensi pedagogik di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta, yang terdiri dari dua orang guru sudah memahami dan mengaplikasikan komptensi pedagogik dengan kategori cukup baik, hal ini meliputi aspek pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum atau silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evalusi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan beragai potensi yang dimilikinya. (2) Kondisi etos kerja guru PAI di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta, yang terdiri dari dua orang guru sudah dalam kategori cukup baik, hal ini didasarkan pada pengamatan peneliti terhadap guru ditinjau dari aspek tanggung jawabnya dalam mengajar, kedisiplinan dalam mengajar dan semangat guru dalam mengajar. (3) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap etos kerja guru PAI di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penilaian pengaruh tersebut meliputi tiga aspek sebagai berikut yaitu kerja merupakan tanggung jawab moral, disiplin, dan semangat kerja. Berdasarkan indikator pengaruh, ketiga aspek tersebut dapat dikategorikan cukup berpengaruh, hal ini diperkuat dengan hasil angket yang menunjukkan, bahwa dari 18 siswa dengan sistem respon sangat berpengaruh 34%, cukup berpengaruh 52%, kurang berpengaruh 12%, dan tidak berpengaruh 2%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwasannya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap etos kerja guru PAI di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta dapat dikategorikan cukup berpengaruh. Kategori cukup berpengaruh tersebut ditinjau dari hasil angket siswa yang mencapai prosentase tertinggi yaitu 52%. %K Kompetensi Pedagogik, Etos Kerja, Guru PAI %D 2011 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib58143