eprintid: 58150 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/81/50 datestamp: 2023-04-27 02:51:20 lastmod: 2023-04-27 02:51:20 status_changed: 2023-04-27 02:51:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Yuliadi Ponda, NIM.: 06410059 title: STUDI KOMPARATIF BUKU YANBU’A DAN QIRA’ATI SEBAGAI PEDOMAN DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL QURA’N ispublished: pub subjects: met_pemb divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Metode Baca Tulis, Yanbu’a, Qir’aati, Pembelajaran Al Quran note: Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag abstract: Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya metode yang berkembang di masyarakat terutama sejak kemunculan metode Qiraati pada awal tahun 70-an yang kemudian disusul dengan metode Iqra sampai pada metode Yanbua. Namun tidak semua metode tersebut efektif diterapkan terhadap anak didik, hal ini disebabkan setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penulis mencoba mengulas dua dari banyaknya metode yang muncul, yakni metode Qiraati dan metode Yanbua. Hal ini dikarenakan kedua metode tersebut mempunyai banyak kemiripan, dan adanya lembaga-lembaga Al Quran yang beralih dari metode Qiraati ke metode Yanbua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan metode buku Yanbua dan Qiraati serta mengetahui persamaan dan perbedaan dari kedua metode tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan bagi lembaga-lembaga al Quran atau para guru al Quran lebih selektif dalam memilih metode yang efektif untuk anak didiknya, baik dari teknik, waktu maupun biaya. Penelitian ini merupakan studi pustaka dengan mengambil buku metode Yanbua dan Qiraati sebagai obyek kajian. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan filosofis. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi, selanjutnya dari analisis tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ulasan yang mendalam terhadap buku metode Yanbu’a dan Qira’ati yang dimulai dari jilid pertama sampai jilid akhir, baik dari sisi materi pelajaran maupun cara pengajaran. Karena setiap tingkatannya memiliki cara yang berbeda, hal ini agar proses pembelajaran berjalan lancar. Buku metode Yanbua dan Qiraati juga memiliki banyak persamaan seperti dalam metodologi pembelajaran, dan model buku pelajaran, serta adanya perbedaan, seperti dalam siapa yang berhak mengajar metode tersebut.kemudian juga dijelaskan cara pergantian dari model metode Qiraati ke buku metode Yanbu’a. date: 2011-08-02 date_type: published pages: 86 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Yuliadi Ponda, NIM.: 06410059 (2011) STUDI KOMPARATIF BUKU YANBU’A DAN QIRA’ATI SEBAGAI PEDOMAN DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL QURA’N. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58150/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58150/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf