%0 Thesis %9 Skripsi %A Amin Al Mansur, NIM.: 06410067 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:58152 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Moral Siswa %P 142 %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK MORAL SISWA DI SMA NEGERI 1 WANADADI BANJARNEGARA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58152/ %X Latar belakang penelitian ini adalah berkembangnya perilaku-prilaku yang mengarah pada tindakan amoral yang dilakukan oleh sebagian kalangan masyarakat, antara lain korupsi yang dilakukan oleh tokoh masyarakat, banyaknya kasus pelecehan asusila dan penganiayaan, perkelahian antara pelajar, dan juga banyak generasi muda yang menjadi korban narkoba, serta berkembangnya budaya seronok dikalangan kehidupan remaja saat ini. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam membentuk moral siswa, seberapa besar pengaruh PAI terhadap moral siswa, serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat terhadap pelaksanaan PAI dalam pembentukan moral siwa di SMA N 1 Wanadadi Banjarnegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Wanadadi dalam pembentukan moral bagi siswanya, dan menganalisa tentang seberapa besar pengaruh pelaksanaan PAI terhadap moral siswa, serta faktor apa saja yang dapat mendukung dan menghambat pelaksanaan PAI di SMA N 1 Wanadadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA N 1 Wanadadi Banjarnegara. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Kemudian keabsahan data diuji dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus yaitu sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Langkah-langkah yang diambil oleh SMA N 1 Wanadadi dalam pembekalan dan pembentukan moral kepada siswanya, terangkum dalam program keagamaan Pendidikan Agama Islam. Program keagamaan tersebut dituangkan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. (2) Implementasi Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Wanadadi berpengaruh positif terhadap potensi kepribadian siswa. Hal tersebut ditandai dengan siswa memiliki kesadaran atas ajaran Islam. (3) Adanya keterbatasan waktu dalam pembelajaran efektif yaitu hanya 2 jam pelajaran atau 2 x 45 menit dalam 1 minggu, kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan yang diselenggarakan disekolah, sebagian besar siswa berasal dari keluarga yang kurang memperhatikan pentinya pendidikan agama, minimnya pengetahuan keagamaan pada siswa, penggunaan metode kurang bervariatif sehingga siswa cepat bosan, Kesan yang diterima siswa terhadap guru Pendidikan Agama Islam berkesan menakutkan. %Z Pembimbing: Drs. Moch Fuad