<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS NASIONALISME (TELAAH KRITIS KONSEP NASIONALISME SOEKARNO)"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan Islam mempunyai peran\r\nyang sangat penting sekali dalam kehidupan umat manusia. Pendidikan Islam memiliki\r\n“misi profetis sebagai agen pembebasan (agen of liberation). Paradigma pembebasan\r\ntersebut dapat diwujudkan dengan praksis, yaitu antara refleksi dan aksi, teori dan\r\npraktek, serta iman dan amal. Oleh karena itu, pendidikan harus mampu melahirkan\r\nmanusia merdeka dan bertanggungjawab, serta mampu menghadapi tantangan di tengah\r\nkehidupan global dewasa ini. Pendidikan Islam seolah telah menjadi institusi yang\r\nekslusif dalam menyampaikan ajarannya. Sebagai konsekuensinya pendidikan Islam\r\nsebagai pengemban misi profetis, telah kehilangan semangat dan vitalitasnya sebagai\r\nagen pembebasan.\r\nSelain itu, selama ini pendidikan lebih berorientasi mencetak individu-individu\r\nyang pragmatis, individualis, serta mengabaikan aspek-aspek manusia sebagai bagian\r\ndari masyarakat. Oleh karena itu, merupakan agenda yang mendesak untuk melakukan\r\nrevitalisasi semangat pembebasan dalam pendidikan Islam. Salah satu tokoh proklamator\r\nIndonesia, Soekarno melalui nasionalismenya mengandung beberapa nilai-nilai\r\npendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep nasionalisme yang\r\ndigagas oleh Soekarno serta bagaimana esensi dari konsep tersebut mampu menjadi\r\nbasis dalam Pendidikan Islam. Hasil penelitian diharapkan mampu menjadi sebuah\r\npijakan atau pertimbangan dalam mempelajari dan membenahi pendidikan Islam,\r\nterutama terkait dengan problem pendidikan Islam yang sifatnya mendasar dan aktual.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan objek material penelitian\r\nadalah kepustakaan dari beberapa karya Soekarno, baik itu berupa buku-buku maupun\r\ndokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan konsep pemikiran Soekarno. Proses\r\npengumpulan data dilakukan melaui metode dokumentasi, sedangkan analisis data\r\ndilakukan dengan metode analisis isi, yakni menunjukkan arti, mengungkapkan serta\r\nmengatakan esensi dari konsep pemikiran Soekarno secara objektif. Dalam menarik\r\nsebuah kesimpulan, digunakan metode berfikir induktif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: beberapa esensi dari konsep nasionalisme\r\nSoekarno yang meliputi nasionalisme sebagai paradigma pembebasan, sebagai\r\nparadigma humanisme, sebagai paradigma pluralis dan sebagai paradigma demokrasi\r\nmampu menjadi basis Pendidikan Islam, dengan formulasi sebagai berikut: pertama,\r\nPendidikan Humanis, artinya pendidikan harus mampu memanusiakan manusia\r\n(humanizing), pendidikan tidak boleh menganggap manusia semata-mata bagaikan\r\nmesin atau konsumen yang selalu siap untuk “membeli” produk-produk pengetahuan.\r\nMeletakkan manusia pada tempat yang berada di atas makhluk ciptaan yang lain, yaitu\r\nsebagai ciptaan Tuhan yang paling sempurna dan mulia. Kedua, Pendidikan Liberatif,\r\nartinya pendidikan harus mampu membebaskan manusia, artinya setelah manusia\r\nmengenal dan memperoleh sesuatu dari pendidikan, ia menjadi terbebas, bukan menjadi\r\nsemakin terbelenggu. Membebaskan manusia dari setidak-tidaknya tiga hal; bebas dari\r\nketidaktahuan, bebas dari pengetahuan yang keliru menjadi pengetahuan yang benar, dan\r\nbebas dari penindasan. Ketiga, Pendidikan Transendental, artinya tugas pendidikan\r\nadalah untuk mengembalikan manusia kepada derajat kemuliaannya, yaitu melalui\r\npendekatan kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa. Proses pendekatan ini berimplikasi\r\npada proses transformasi pendidikan Islam untuk menciptakan keadilan dan kebajikan\r\ndalam masyarakat, sehingga terwujud apa yang disebut Islam rahmatan lil alamin."^^ . "2011-11-16" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 06410128"^^ . "Esti Purnami"^^ . "NIM.: 06410128 Esti Purnami"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS NASIONALISME (TELAAH KRITIS KONSEP NASIONALISME SOEKARNO) (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS NASIONALISME (TELAAH KRITIS KONSEP NASIONALISME SOEKARNO) (Text)"^^ . . . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS NASIONALISME (TELAAH KRITIS KONSEP NASIONALISME SOEKARNO) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS NASIONALISME (TELAAH KRITIS KONSEP NASIONALISME SOEKARNO) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS NASIONALISME (TELAAH KRITIS KONSEP NASIONALISME SOEKARNO) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS NASIONALISME (TELAAH KRITIS KONSEP NASIONALISME SOEKARNO) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS NASIONALISME (TELAAH KRITIS KONSEP NASIONALISME SOEKARNO) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS NASIONALISME (TELAAH KRITIS KONSEP NASIONALISME SOEKARNO) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS NASIONALISME (TELAAH KRITIS KONSEP NASIONALISME SOEKARNO) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS NASIONALISME (TELAAH KRITIS KONSEP NASIONALISME SOEKARNO) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #58157 \n\nPENDIDIKAN ISLAM BERBASIS NASIONALISME (TELAAH KRITIS KONSEP NASIONALISME SOEKARNO)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . . . "Nasionalisme" . .