%0 Thesis %9 Skripsi %A Huda al Amna, NIM.: 06420072 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:58161 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kemampuan Membaca, Teks Arab, Kemampuan Siswa %P 131 %T ANALISIS KESALAHAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58161/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keslahan membaca teks Arab siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Yogyakarta kelas V dalam pembelajaran bahasa Arab tahun ajaran 2011. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Yogyakarta tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 106 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik random sampling atau sampel acak. Ukuran sampel sebagaimana ditentukan oleh Suharsimi Arikunto, maka jumlah sampel yang diambil sebanyak 21 siswa atau 20% dari jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dokumentasi dan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan: Tingkat kesalahan membaca yang pertama adalah kesalahan murni membaca (59,78 %), selanjutnya kesalahan struktur (55 %), dan kesalahan yang terakhir adalah kesalahan kosakata (45 %). Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa daerah rawan kesalahan tertinggi dalam membaca teks Arab siswa kelas V adalah kesalahan murni membaca, karena kelas yang ditempati untuk ujian terletak dipinggir jalan raya sehingga kegiatan membaca agak terganggu dan karena tes dilakasanakan setelah jam terakhir, membuat siswa mengalami kebosanan dalam mengikuti tes. %Z Pembimbing: Prof. Dr. H. Nizar Ali, M. Ag