relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58166/ title: PENGELOLAAN KELAS DALAM FILM THE RON CLARK STORY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENANAMAN KEDISIPLINAN SISWA creator: Amin Jaenuri, NIM.: 06470058 subject: Kependidikan Islam description: Penelitian ini berangkat dari sering ditemuinya di lingkungan kelas bahwa perilaku bermasalah pada siswa akan muncul. Masalah-masalah yang kerap muncul biasanya mengganggu aktifitas belajar di kelas. Misalnya, murid mungkin ribut sendiri, meninggalkan tempat duduk tanpa ijin, bercanda sendiri, atau memakan permen di kelas. Di dalam film The Ron Clark Story guru yang mengajar di kelas sekolah Harlem juga dihadapkan seperti pada permasalahan pokok di atas, yaitu pengelolaan kelas. Terhadap masalah tersebut guru harus mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar dan berusaha untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif. Untuk mengatasi hal tersebut guru harus menerapkan teknik yang efektif dalam mengelola kelasnya serta strategi yang tepat dalam menanamkan kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis tentang pengelolaan kelas dan kedisiplinan siswa yang efektif yang terdapat dalam film The Ron Clark Story. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) yang menggunakan pendekatan seni sastra dengan teori semiotika. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi yang didasarkan atas sumber data primer dan sumber data sekunder. Analisis data menggunakan metode deskriptik dengan teknik analisa isi atau teks. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Masalah perilaku siswa dalam pengelolaan kelas di dalam film The Ron Clark Story mencakup masalah individu dan masalah kelompok. 2. Teknik pengelolaan kelas ada dua yaitu teknik preventif dan kuratif. 3. Strategi penanaman kedisiplinan siswa munggunakan disiplin cooperatit control yang dibuat kesepakatan kontrak perjanjian berisi aturan-aturan kedisiplinan yang harus ditaati bersama. 4. Hasil penanaman kedisiplinan siswa yaitu anak-anak mengalami perubahan sikap tingkah laku, antara lain: anak-anak sudah bisa mengikuti proses pembelajaran dengan kesadaran penuh, anak-anak mendapat nilai baik pada ujian nasional, Tayshawn berhenti mencuri, anak-anak mau mengerjakan pekerjaan rumah. anak-anak sudah bisa menghormati Mr Clark dengan baik. date: 2011-07-01 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58166/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58166/2/BAB%20II%2C%20III.pdf identifier: Amin Jaenuri, NIM.: 06470058 (2011) PENGELOLAAN KELAS DALAM FILM THE RON CLARK STORY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENANAMAN KEDISIPLINAN SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.