@phdthesis{digilib58170, month = {October}, title = {PEMBINAAN AKHLAK ANAK DIDIK DI PAUD HARAPAN BANGSA KALIMENDONG LEKSONO WONOSOBO}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 07410025 Sutrismi}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Drs. Radino, M. Ag}, keywords = {Pembinaan Akhlak, Anak Usia Dini, PAUD}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58170/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah Pentingnya pembinaan akhlak anak usia dini di PAUD Harapan Bangsa yang dibantu oleh pendidik PAUD, dikarenakan anak usia dini adalah anak yang sedang dalam tahap pra operasional kongkrit, sedangkan pembinaan akhlak usia dini merupakan konsep-konsep yang abstrak. Selain itu, akhlak anak usia dini di PAUD Harapan Bangsa sangat membutuhkan pembinaan, sebab kebanyakan kedua orang tua anak usia dini di Desa Kalimendong sama-sama bekerja, ada yang bekerja sebagai petani, guru maupun pedangang, sehingga kedua orang tuanya tidak bisa memberikan pendidikan terutama pembinaan akhlak terhadap anaknya secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembinaan akhlak anak didik serta untuk mengetahui hasil pembinaan akhlak anak didik di PAUD Harapan Bangsa Kalimendong, Leksono, Wonosobo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pembinaan akhlak anak didik di PAUD Harapan Bangsa meliputi: (1) Tujuan pembinaan akhlak yaitu mengenalkan Allah SWT kepada anak sebagai pencipta seluruh alam beserta isinya melalui sifatsifat ciptaannya, menanamkan kecintaan kepada Allah SWT melalui pembiasaan, senang melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan segala larangan Allah, membentuk akhlak anak sebagai SDM yang berkualitas, mengembangkan akhlakul karimah. (2) Materi yang diterapkan yaitu tidak berbicara kotor, tidak memanjangkan kuku, berpakaian rapi dan sopan, tidak terlalu sering memberikan janji, selalu berusaha tersenyum dan bersikap ramah, dibiasakan mengambil, memberi, makan dan minum dengan tangan kanan, berdo?a ketika akan melakukan sesuatu, mengucapkan salam dengan sopan, memelihara kebersihan lingkungan, tolong menolong antar sesama teman dan orang lain, menyayangi orang tua dan orang lain, melakukan gerakan sholat. (3) Metode yang digunakan, yaitu: metode keteladanan, metode pembiasaan, metode cerita, metode bermain.(4) Media yang digunakan, yaitu: gambar berseri, poster, alat peraga, Papan tulis dan spidol, buku cerita bergambar. (5) Evaluasi yang dilaksanakan, yaitu: evaluasi pembinaan akhlak dilakukan dengan cara pengamatan langsung (observasi) dan pencatatan anekdot. Kedua, hasil pembinaan akhlak anak didik di PAUD Harapan Bangsa, yaitu kepribadian anak didik yang semula masih kurang mencerminkan akhlak terpuji, setelah dilakukan pembinaan akhlak dengan berbagai metode pembinaan, kepribadian anak didik mengalami kemajuan yang menunjukkan kepribadian terpuji.} }