%0 Thesis %9 Skripsi %A ANI MUSFIROH - NIM. 05410087 , %B Fakultas Tarbiyah %D 2011 %F digilib:5818 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Sekolah Kehidupan %T KONSEP DAN IMPLEMENTASI SEKOLAH KEHIDUPAN DI SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF ISLAM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5818/ %X Latar belakang masalah penelitian ini yaitu pelaksanaan pendidikan di Indonesia saat ini ada formal dan nonformal. Akan tetapi dampak dari kedua pendidikan tersebut tidak menggembirakan. Oleh karena itu, pendidikan alternative sangat diperlukan untuk menunjukkan ranah afektif, kognitif dan psikomotor yang masih diperlukan. Dan hal ini yang melatarbelakangi penelitian penulis di Sekolah Kehidupan Sanggar Anak Alam Nitiprayan kasihan bantul Yogyakarta yang merupakan sebuah sekolah alternative dengan Konsep sekolah Kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Sekolah Dasar Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan hermenetik (penafsiran) dan triangulasi yaitu dengan pengecekan derajat kepercayaan beberapa sumber data dengan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan konsep sekolah kehidupan di Sekolah Dasar Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta menggunakan konsep sekolah kehidupan. Konsep tersebut antara lain konsep belajar dari pengalaman, konsep belajar Ki Hajar Dewantara yakni sekolah itu adalah taman, konsep wirogo dan wirogo-wiromo dari Ki Hajar Dewantara, sekolah itu adalah candu, Tut Wuri Handayani, kesehatan, ramah lingkungan, dan pola interaksi yang baik dari semua kalangan. Implementasi Sekolah Kehidupan terwujud dalam kurikulum Sekolah Dasar Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta. Konsep sekolah kehidupan dari perspektif Islam memang belum sesuai, karena dalam Islam ketauhidan sangat ditekankan, akan tetapi nilai-nilai ajaran Islam berkembang dan diterapkan di sana. Sedut pandang pendidikan lebih kemoral dan etika seperti kejujuran, kerjasama, tolong menolong dan toleransi serta akhlak terhadap lingkungan dan sesama. Hal ini karena di SALAM merupakan sekolah umum dan beragam agama dari peserta didik. Nilai- nilai pendidikan di SALAM sesuai dengan tafsir surat Al-'Alaq 1-5 yang menekankan pada konsep pendidikan yang mengacu kepada pengembangan, peningkatan, ketinggian, kelebihan serta kebaikan. %Z Pembimbing : DR.H. Sumedi, M.Ag.