eprintid: 58181 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/81/81 datestamp: 2023-04-28 01:26:17 lastmod: 2023-04-28 01:26:17 status_changed: 2023-04-28 01:26:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Waluyo, NIM.: 07410056 title: PERAN GURU AGAMA DAN SEKOLAH DALAM MEMBANGUN SIKAP KEBERAGAMAAN YANG INKLUSIF SISWA SMP N 1 KALASAN ispublished: pub subjects: in_klusif divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Keberagaman Siswa, Pendidikan Inklusif, Pengembangan Sikap note: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan paran guru dan sekolah dalam membangun sikap keberagamaan yang inklusif siswa SMP N 1 Kalasan. Pnelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan penelitian pendidikan terutama dibidang upaya guru dan sekolah dalam membangun sikap keberagamaan yang inklusif, sekaligus sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan program pengembangan sikap keberagamaan yang inklusif siswa SMP N 1 Kalasan dan juga sebagai koleksi pustaka yang bermanfaat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) secara kualitatif, dengan mengambil latar penelitian di SMP N 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Pengumpulan datanya dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara bebas terpimpin dan dokumentasi. Setelah data didapatkan, kemudian dianalisis dengan dengan (flow model analisis), yaitu konsep analisis data yang terdiri dari langkah-langkah reduksi, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, sikap keberagamaan siswa SMP N 1 Kalasan Sleman Yogyakarta sudah dapat dikatakan inklusif. Keberagamaan siswa bisa dikatakan sudah terbilang inklusif dibuktikan dengan minimnya perkelahian atau kekerasan yang disebabkan oleh perbedaan agama siswa, mereka hidup berdampingan antara siswa yang satu dengan lainnya, toleransi, saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada. Kedua, upaya guru dalam membangun sikap keberagamaan yang inklusif bagi siswa di SMP N 1 Kalasan diwujudkan dalam bentuk: 1) Keteladanan dan pembiasaan, yaitu dengan memberi contoh sikap demokrasi dan membiasakan siswa untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada. 2) Mengembangkan materi ajar pendidikan agama 3) Mengevaluasi. Ketiga, dukungan yang sekolah berikan direliasasikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan seperti: kajian kemuslimahan, pengajian Ahad pagi, pesantren ramadhan, infaq, zakat dan qurba untuk yang muslim dan natalan di sekolah, kunjungan tempat-tempat social dan ziarah keimanan untuk yang non muslim. date: 2011-11-15 date_type: published pages: 109 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Waluyo, NIM.: 07410056 (2011) PERAN GURU AGAMA DAN SEKOLAH DALAM MEMBANGUN SIKAP KEBERAGAMAAN YANG INKLUSIF SISWA SMP N 1 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58181/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58181/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf