%A NIM.: 18107020048 Hanafi Ma’ruf Kurniawan %O Pembimbing: Dr. Astri Hanjarwati S.Sos., %T PENGARUH PERILAKU TRASH-TALKING TERHADAP POLA KOMUNIKASI PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS DI MOBILE LEGENDS COMMUNITY (MLC) KALIJAGA YOGYAKARTA %X Game online merupakan salah satu permainan virtual yang sedang digandrungi oleh masyarakat di semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Hal-hal yang terjadi dalam permainan tersebut menimbulkan berbagai perilaku pada masing-masing pemain, baik positif maupun perilaku negatif. Salah satunya yakni perilaku trash-talking yang menjadi perilaku negatif dalam permainan game online yang kerap terjadi. Perilaku yang ditimbulkan tersebut mempengaruhi pola komunikasi antar satu pemain dengan pemain lainnya atau antar satu tim dengan tim lainnya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana pengaruh yang ditimbulkan oleh perilaku trash-talking terhadap pola komunikasi pemain game online terutama pada pemain game online mobile legends. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behaviorisme yang dikemukakan oleh B.F Skinner. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalam metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner disebarkan melalui pesan whatsapp group MLC Kalijaga Yogyakarta dalam bentuk goegle form. Dokumentasi dalam penelitian ini bersumber langsung dari Komunitas MLC Kalijaga Yogyakarta berupa sejarah berdirinya komunitas, kegiatan komunitas hingga pada data statistik anggota komunitas MLC Kalijaga Yogyakarta. Metode analisis yang digunakan yakni uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 26 for windows. Hasil penelitian menyatakan bahwa perilaku trash-talking mempunyai pengaruh terhadap pola komunikasi pemain game online mobile legends pada anggota MLC Kalijaga Yogyakarta dengan besaran pengaruh sebanyak 67,9%. Hasil tersebut juga dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi pada uji hipotesis dengan 0,000 yang berarti nilai tersebut < 0,05. %K game online; perilaku trash-talking; komunitas mobile legends %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib58189