%0 Thesis %9 Skripsi %A Ritaningsih, NIM.: 07410178 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:58252 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kamandirian Anak, Anak Usia Dini, Pendidikan Agama Islam %P 103 %T UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK ABA PLUS AL FIRDAUS PANDOWOHARJO SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58252/ %X Latar belakang penelitian ini adalah bahwa usia dini merupakan masamasa yang paling berharga bagi seorang anak untuk mengenali berbagai fakta di lingkungannya sebagai stimulans terhadap perkembangan kepribadian, psikomotor, kognitif, sosial, maupun kemandirian. Untuk menciptakan generasi yang mandiri tidak bisa dilakukan secara instan. Kemandirian sangat perlu ditanamkan sejak anak usia dini. Pada kenyataannya banyak orang tua yang tidak menyadari pentingnya pembentukan kemandirian anak sejak usia dini. Orang tua menyerahkan sepenuhnya tugas membentuk kemandirian anak kepada guru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang upaya yang dilakukan guru dalam membentuk kemandirian anak, mendeskripsikan kemandirian anak usia dini yang ada di TK ABA Plus Al Firdaus, dan hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan upaya pembentukan kemandirian anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar TK ABA Plus Al Firdaus Pandowoharjo Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian memeriksa keabsahan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Upaya yang dilakukan guru untuk membentuk kemandirian anak usia dini di TK ABA Plus Al Firdaus adalah memberikan contoh, memberikan motivasi, memberikan arahan, latihan dan bantuan pada anak, mempersiapkan kreatifitas, melakukan pendekatan terhadap anak, praktek langsung dan pembiasaan, menggunakan berbagai macam metode, bekerja sama dengan guru, dan bekerja sama dengan orang tua, yang semuanya itu bertujuan agar anak menjadi mandiri. 2) Secara keseluruhan kemandirian anak usia dini di TK ABA Plus Al Firdaus baik anak kelas A maupun kelas B cukup bagus. Kemandirian ini dapat tercermin dalam kegiatan sehari-hari anak di sekolah, dari awal kegiatan sampai akhir kegiatan. Anak sudah dapat melakukan tugas perkembangannya sesuai tingkat usianya. Indikator-indikator kemandirian sudah tercapai, baik dari segi kemampuan mengurus diri sendiri atau social life skill, beribadah, kemampuan akademik, dan sosial. 3) Hambatan yang dijumpai dalam pembentukan kemandirian anak usia dini di TK ABA Plus Al Firdaus adalah faktor ekstern yaitu orang tua, guru, lingkungan pergaulan anak, dan faktor internnya adalah faktor anak itu sendiri. %Z Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag