@phdthesis{digilib58254, month = {November}, title = {METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP ANAK AUTIS DI SLB AUTISTIK FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 07410183 Wulan Ningtyastuti}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Prof. Dr. Maragustam Siregar, M.A}, keywords = {Sekolah Khusus Autistik, Autism Short Course, Pembelajaran Pendidikan Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58254/}, abstract = {Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pentingnya suatu pendidikan atau pembelajaran termasuk di dalamya pembelajaran Pendidikan Islam bagi seluruh warga negara. Tidak terkecuali bagi anak autis yang memiliki kekurangan atau keterbatasan dalam hal mental. Kekurangan atau keterbatasan tersebut tidak menjadi suatu penghalang bagi anak autis di dalam menerima haknya yaitu dalam hal pendidikan. Dalam kenyataannya pembelajaran anak autis tidak dapat disamakan dengan anak normal pada umumnya. Tentunya dalam memberikan pembelajaran harus menggunakan metode atau cara-cara khusus agar tujuan dari proses pendidikan yang dilakukan dapat tercapai dengan baik. Adapun metode yang diterapkan untuk pembelajaran pendidikan Islam di SLB Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan peserta didik. Para guru terkadang merasa kesulitan dikarenakan saat menyampaikan materi, anak autis biasanya cuek, terkadang tidak bisa duduk untuk beberapa saat saja bahkan sulit untuk memusatkan pandangannya Mengingat murid yang ada di SLB Autistik Fajar Nugraha ada beberapa murid yang beragama non Islam, Sehingga sangat minim sekali efektifitas metode pendidikan Islam yang diterapkan dalam pembelajaran pendidikan Islam. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran pendidikan Islam yang diterapkan di SLB Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode pembelajaran pendidikan Islam di SLB Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SLB Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta. Pengumpulan dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pelaksanaan pembelajaran pendidikan Islam di SLB Autistik Fajar Nugraha menggunakan metode keteladanan, adat kebiasaan, perhatian atau pengawasan, hukuman serta metode bermain. Sedangkan metode pembahasan khusus pendidikan Islam meliputi metode lovaas, extension dan hugging. Lalu langkah pelaksanaannya, pendidik berusaha mengarahkan anak lebih aktif sehingga pembelajaran pendidikan Islam cukup efektif. (2) Faktor yang mendukung pelaksanaan metode pembelajaran pendidikan Islam di SLB Autistik Fajar Nugraha adalah situasi sekolah dan kelas yang kondusif, internalisasi sosial yang baik pada masyarakat sekolah, serta sarana prasarana yang mendukung pembelajaran. Sedangkan faktor yang menghambat antara lain, tingkat kemampuan peserta didik yang berbedabeda, konsentrasi peserta didik yang mudah terganggu, jumlah peserta didik yang sedikit dalam satu kelas, dan tidak diprioritaskan materi pelajaran Agama Islam yang tercantum dalam kurikulum SLB Autistik Fajar Nugraha.} }