TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Astri Hanjarwati S.Sos.,M.A ID - digilib58259 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58259/ A1 - Elma Gusdanov, NIM.: 18107020068 Y1 - 2023/03/09/ N2 - F?shion er?t k?it?nny? deng?n g?y? y?ng digem?ri, keprib?di?n seseor?ng, d?n rent?ng w?ktu. Sel?in itu model f?shion y?ng diken?k?n d?p?t berfungsi seb?g?i refleksi diri p?d? st?tus sosi?l d?n ekonomi sert? popul?rit?s seseor?ng d?l?m sebu?h lingkung?n trend f?shion y?ng spesifikny? dulu di?ngg?p d?l?m g?y? berbus?n? s?j? s??t ini sud?h berkemb?ng seiring perub?h?n z?m?n y?ng menj?dik?n f?shion seb?g?i s?l?h s?tu unit g?y? hidup, h?l ini didorong oleh mud?hny? pertuk?r?n referensi d?n inform?si d?ri lu?r membu?t pertuk?r?n trend f?shion sec?r? glob?l s?ng?t memungkink?n. Munculnya selebgram hijaber mempengaruhi perubahan trend fashion dari banyaknya trend fashion berjalan. Para penggemar setia atau yang disebut follower pun alhasil mengikuti fashion yang dipakai oleh selebgram hijaber tersebut. Kebanyakan dari mereka adalah kalangan remaja putri. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah untuk menganalisis penelitian ini adalah teori perilaku imitasi yang disampaikan oleh Gabriel Tarde, dan juga teori pembelajaran sosial dari Albert Bandura. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan berasal dari kuesioner dan dokumentasi. Kuessioner disebarkan kepada remaja putri di Kelurahan Trimulyo dalam bentuk google form dan disebarkan melalui aplikasi WhatsApp. Populasi penelitian ini adalah remaja putri di Kelurahan Trimulyo yang berjumlah 1.261 orang, sehingga sampel yang diambil untuk penelitian ini berjumlah 126 responden. Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan uji deskriptif dan uji linear sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa influencer selebgram hijaber secara tidak langsung mempengaruhi perubahan trend fashion yang khususnya terjadi di kalangan remaja putri dengan presentase 64,1%. Data tersebut dapat dibuktikan dari perhitungan uji regresi yang sudah dilakukan oleh peneliti bahwa variabel influencer selebgram hijaber (X) memiliki pengaruh terhadap variabel perubahan trend fashion (Y) pada remaja putri di Kelurahan Trimulyo, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 pada pengujian hipotesis yang artinya hipotesis diterima. Dan nilai R Square yang dihasilkan sebesar 0,641, yang artinya influencer selebgram hijaber ini membawa pengaruh sebesar 64,1% pada perubahan trend fashion yang terjadi pada remaja putri di Kelurahan Trimulyo. Dari hasil analisis pemaparan data tersebut dapat dijelaskan bahwa adanya pengaruh influencer selebgram hijaber terhadap perubahan trend fashion di kalangan remaja putri di Kelurahan Trimulyo, Daerah Istimewa Yogyakarta. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - influencer; selebgram hijaber; remaja putri; trend fashion; perilaku imitasi M1 - skripsi TI - PENGARUH INFLUENCER SELEBGRAM HIJABER TERHADAP PERUBAHAN TREND FASHION DI KALANGAN REMAJA PUTRI DI KELURAHAN TRIMULYO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 121 ER -