eprintid: 58259 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/82/59 datestamp: 2023-05-03 06:11:08 lastmod: 2023-05-03 06:11:08 status_changed: 2023-05-03 06:11:08 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Elma Gusdanov, NIM.: 18107020068 title: PENGARUH INFLUENCER SELEBGRAM HIJABER TERHADAP PERUBAHAN TREND FASHION DI KALANGAN REMAJA PUTRI DI KELURAHAN TRIMULYO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: hij_ab subjects: rem_isl subjects: sosio divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: influencer; selebgram hijaber; remaja putri; trend fashion; perilaku imitasi note: Pembimbing: Dr. Astri Hanjarwati S.Sos.,M.A abstract: Fаshion erаt kаitаnnyа dengаn gаyа yаng digemаri, kepribаdiаn seseorаng, dаn rentаng wаktu. Selаin itu model fаshion yаng dikenаkаn dаpаt berfungsi sebаgаi refleksi diri pаdа stаtus sosiаl dаn ekonomi sertа populаritаs seseorаng dаlаm sebuаh lingkungаn trend fаshion yаng spesifiknyа dulu diаnggаp dаlаm gаyа berbusаnа sаjа sааt ini sudаh berkembаng seiring perubаhаn zаmаn yаng menjаdikаn fаshion sebаgаi sаlаh sаtu unit gаyа hidup, hаl ini didorong oleh mudаhnyа pertukаrаn referensi dаn informаsi dаri luаr membuаt pertukаrаn trend fаshion secаrа globаl sаngаt memungkinkаn. Munculnya selebgram hijaber mempengaruhi perubahan trend fashion dari banyaknya trend fashion berjalan. Para penggemar setia atau yang disebut follower pun alhasil mengikuti fashion yang dipakai oleh selebgram hijaber tersebut. Kebanyakan dari mereka adalah kalangan remaja putri. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah untuk menganalisis penelitian ini adalah teori perilaku imitasi yang disampaikan oleh Gabriel Tarde, dan juga teori pembelajaran sosial dari Albert Bandura. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan berasal dari kuesioner dan dokumentasi. Kuessioner disebarkan kepada remaja putri di Kelurahan Trimulyo dalam bentuk google form dan disebarkan melalui aplikasi WhatsApp. Populasi penelitian ini adalah remaja putri di Kelurahan Trimulyo yang berjumlah 1.261 orang, sehingga sampel yang diambil untuk penelitian ini berjumlah 126 responden. Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan uji deskriptif dan uji linear sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa influencer selebgram hijaber secara tidak langsung mempengaruhi perubahan trend fashion yang khususnya terjadi di kalangan remaja putri dengan presentase 64,1%. Data tersebut dapat dibuktikan dari perhitungan uji regresi yang sudah dilakukan oleh peneliti bahwa variabel influencer selebgram hijaber (X) memiliki pengaruh terhadap variabel perubahan trend fashion (Y) pada remaja putri di Kelurahan Trimulyo, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 pada pengujian hipotesis yang artinya hipotesis diterima. Dan nilai R Square yang dihasilkan sebesar 0,641, yang artinya influencer selebgram hijaber ini membawa pengaruh sebesar 64,1% pada perubahan trend fashion yang terjadi pada remaja putri di Kelurahan Trimulyo. Dari hasil analisis pemaparan data tersebut dapat dijelaskan bahwa adanya pengaruh influencer selebgram hijaber terhadap perubahan trend fashion di kalangan remaja putri di Kelurahan Trimulyo, Daerah Istimewa Yogyakarta. date: 2023-03-09 date_type: published pages: 121 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Elma Gusdanov, NIM.: 18107020068 (2023) PENGARUH INFLUENCER SELEBGRAM HIJABER TERHADAP PERUBAHAN TREND FASHION DI KALANGAN REMAJA PUTRI DI KELURAHAN TRIMULYO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58259/1/18107020068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58259/2/18107020068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf