%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurrochim Ngalimudin, NIM.: 07410188 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:58274 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Strategi Gallery of Learning, Motivasi Belajar %P 204 %T PENINGKATAN MOTIVASI SISWA KELAS VIII A DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MELALUI STRATEGI GALLERY OF LEARNING DI MTs N BANTUL KOTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58274/ %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah krisisnya motivasi siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Dengan adanya motivasi, konsentrasi belajar akan mudah dilakukan dan materi mudah dipahami. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII A MTs N Bantul Kota Yogyakarta masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan. Guru menggunakan strategi pembelajaran yang konvensional yang kurang melibatkan peran siswa dalam pembelajaran sehingga siswa kurang merespon materi yang disampaikan oleh guru dan terkesan meremehkan, akibatnya siswa bosan dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi Gallery of Learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dan meningkatkan motivasi siswa kelas VIII A setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MTs N Bantul Kota Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan motivasi melalui tindakan yang dilakukan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini menggunakan statistik sederhana untuk membantu mengungkap data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan membandingkan data hasil observasi, catatan lapangan antar pengamat, wawancara, dan dokumentasi. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi Hasil penelitian menunjukkan: 1). Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII A di MTs N Bantul Kota sebelum pelaksanaan tindakan terlihat masih rendah. 2) penerapan strategi Gallery of Learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII A MTs N Bantul Kota dilaksanakan dalam tiga siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Dalam pelaksanaan dengan menggunakan strategi Gallery of Learning ini berjalan dengan lancar. Strategi Gallery of Learning dalam pembelajaran ini mencakup diskusi kelompok, penempelan hasil diskusi di dinding kelas, pementasan yang dilakukan dengan cara berkeliling untuk mengamati hasil kerja antar kelompok, memberikan apresiasi dan koreksi antar kelompok, dan presentasi hasil pengamatan. 3) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa terlihat pada antusias siswa yang bersemangat dalam mengikuti pelajaran dan berkompetisi, merespon dan memperhatikan penjelasan guru, bertanya bila mengalami kesulitan, menjaga ketenangan saat pelajaran berlangsung, menjawab pertanyaan dari guru, mau berdiskusi dengan baik, mau mempresentasikan hasil diskusi kelompok, dan mendengarkan hasil pengamatan dari kelompok lain. Secara keseluruhan peningkatan terjadi cukup baik, pada aspek motivasi siswa pada observasi awal sebelum tindakan memiliki nilai rata-rata 1,5(rendah), kemudian pada siklus I 1,7(sedang), siklus II sebesar 2,1%(sedang), siklus III sebesar 2,8 (tinggi) . %Z Pembimbing: Dr. H. Sumedi, M.Ag