eprintid: 58276 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/82/76 datestamp: 2023-05-04 01:55:33 lastmod: 2023-05-04 01:55:33 status_changed: 2023-05-04 01:55:33 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Jamilatun, NIM.: 07410198 title: UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI HUKUMAN BERJENJANG DI SMK MA’ARIF 1 WATES ispublished: pub subjects: kar_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kedisiplinan Siswa, Hukuman Berjenjang, PAI note: Pembimbing: Dra. Hj. Afiyah AS,. M. Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis hukuman berjenjang, penerapan hukuman berjenjang, serta kedisiplinan siswa setelah diberikannya hukuman berjenjang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi lembaga pendidikan tersebut dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini ditujukan kepada siswa SMK Ma’arif 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Ma’arif 1 Wates. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode menelaah seluruh data, reduksi data, menyusun data dalam satu kesatuan, serta kategorisasi. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menganalisa data yang diperoleh dari lapangan dan kemudian dihubungkan dengan teori yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Bentuk kedisiplinan siswa SMK Ma’arif 1 wates mengalami perubahan peningkatan yang cukup baik setelah diterapkannya hukuman berjenjang. 2) Penerapan hukuman berjenjang di SMK Ma’arif 1 Wates sebagai upaya dalam meningkatkan kedisiplinan siswa bersifat peringatan dan nasehat, bentuk hukuman peringatan atau teguran ini diterapkan bagi siswa yang melakukan jenis pelanggaran ringan. Bentuk hukuman yang bersifat pendidikan adalah hukuman yang berkaitan dengan pendidikan, misalnya merangkum pelajaran. Hukuman bersifat administrasi adalah jenis hukuman yang berbentuk surat pernyataan pemanggilan orangtua/wali siswa ke sekolah. Dalam Penerapannya bersifat berjenjang dan disesuaikan dengan jenis pelanggaran yang dilakukan siswa. 3) Dampak positif dengan adanya penerapan hukuman berjenjang di SMK ma’arif 1 Wates adalah rasa menyesal dan tidak akan mengulangi perbuatan yang melanggar dan yang dapat merugikan orang lain, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan bertambahnya pengetahuan siswa date: 2011-10-03 date_type: published pages: 120 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Jamilatun, NIM.: 07410198 (2011) UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI HUKUMAN BERJENJANG DI SMK MA’ARIF 1 WATES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58276/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58276/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf