TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd ID - digilib58288 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58288/ A1 - Lina Setya Pratiwi, NIM.: 07410319 Y1 - 2011/11/15/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah tujuan pendidikan di Indonesia adalah untuk membentuk manusia seutuhnya yaitu dengan memiliki karakter atau kepribadian yang baik dan semua itu dimulai dari seorang guru. karena kepribadian guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan sumber daya manusia. Akan tetapi pada saat ini masih ada sebagian dari guru yang kurang memperhatikan aspek kepribadian, yaitu hanya mementingkan materi. Tentunya hal tersebut akan membawa dampak negatif terhadap anak didik dan keberhasilannya, misalnya sering terjadi tindakan-tindakan yang memang tidak pantas dilakukan oleh guru dan banyak dari anak didik yang tidak berhasil karena dampak dari kepribadian guru yang kurang mantap. Kepribadian guru yang mantap akan memberikan teladan yang baik bagi anak didik maupun masyarakat. Karena guru adalah sosok yang patut digugu (ditaati nasehat dan ucapannya) dan ditiru (dicontoh sikap dan perilakunya). Maka dari itu penulis sangat tertarik untuk meneliti kepribadian guru yang memang saat ini kurang diperhatikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan dengan menggunakan data kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologis pedagogis. Teknik pengumpulan data penulisannya melalui dokumentasi dan wawancara baik terhadap data primer maupun data sekunder, data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : a) kepribadian guru yang ideal menurut Abdullah Munir dalam buku Spiritual Teaching, yaitu kepribadian guru yang dilandasai dengan sikap spiritual yang artinya menjalankan profesi guru sebagai sebuah profesi yang mulia yang mengabdikan pekerjaannya kepada Allah SWT. Dengan begitu sikap keikhlasan akan muncul kemudian guru akan dapat mencintai profesinya dan menegakan sikap cinta, kasih dan sayang kepada para anak didik. b) Relevansinya dengan kepribadian guru di Indonesia yaitu bahwa kepribadian menurut Abdullah Munir mendeskripsikan tentang sikap kepribadian guru yang mantap dan ideal, terdapat relevansi terhadap kepribadian guru di Indonesia yang berdasarkan UU No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yaitu kepribadian guru yang meliputi kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan bijaksana, beribawa, berakhlak mulia, serta dapat dijadikan teladan bagi peserta didik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kepribadian Guru KW - Pemikiran Abdullah Munir KW - Buku Spiritual Teaching M1 - skripsi TI - KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU YANG IDEAL PERSPEKTIF ABDULLAH MUNIR DALAM BUKU ?SPIRITUAL TREACHING? AV - restricted EP - 102 ER -