TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag ID - digilib58289 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58289/ A1 - Siti Kholifah, NIM.: 07410327 Y1 - 2011/11/16/ N2 - Penelitian ini berangkat dari sebuah realita tentang sebuah realita sosial remaja remaja yang menyimpang dari karakter dan tindakan-tindakan menyimpang yang mengganggu kenyamanan bersama. Berangkat dari msalah tersebut, maka SMA N 1 Pleret merupakan satu-satunya sekolah yang ditunjuk untuk menerapkan sekolah berbasis IMTAQ dengan harapan mampu mengatasi dan menanggulangi realitas sosial yang negatif tersebut.Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses pelaksanaan program iman dan taqwa (IMTAQ) di SMA N 1 Pleret Bantul Yogyakarta.(2) Nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang ada dalam pelaksanaan program iman dan taqwa (IMTAQ) di SMA N 1 Pleret Bantul Yogyakarta. (3) Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat program iman dan taqwa (IMTAQ) dalam membentuk karakter siswa kelas di SMA N 1 Pleret Bantul Yogyakarta. Jenis penyusunan pada skripsi ini adalah penyusunan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, dan peserta didik kelas SMA N 1 Pleret. Metode pengumpulan data meliputi observasi/pengamatan, interview/wawancara, dan dokumentasi. Hasil penyusunan menunjukkan bahwa dengan dilaksanakannya program IMTAQ di SMA N 1 Plret Bantul Yogyakarta, siswa semakin memiliki karakter yang meliputi karakter cinta kepada Allah, tanggung jawab, hormat dan santun, kasih sayang, percaya diri, rendah hati, toleransi, kepedulian, kreatif, cinta damai, dan kerja sama. Dan karakter yang dihasilkan dapat diamalkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - IMTAQ KW - Pendidikan Karakter KW - Remaja M1 - skripsi TI - PROGRAM IMTAQ DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMA N 1 PLERET BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted EP - 144 ER -