TY - THES N1 - Pembimbing: Dr, Dudung Hamdun M.Si ID - digilib58293 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58293/ A1 - Sri Purwati, NIM.: 07420012 Y1 - 2011/10/13/ N2 - Mengajar bukan sekedar upaya menyampaikan ilmu pengetahuan atau transfer ilmu, tetapi usaha dan menciptakan lingkungan yang menyenangkan agar tujuan pengajaran dapat tercapai secara optimal. Mengajar dalam hal ini sangat memerlukan metode atau strategi yang sesuai. Untuk itu guru mampu mengembangkan kemampuan profesionalnya untuk program pengajaran dengan strategi belajar mengajar yang kaya dengan variasi dan inovasi.2 Kegiatan belajar mengajar yang melahirkan interaksi unsur-unsur manusiawi adalah sebagai suatu proses dalam rangka mencapai tujuan pengajaran. Guru dengan sadar berusaha mengatur lingkungan belajar agar bergairah bagi anak didik Dari uraian dan analisis hasil penelitian yang telah dipaparkan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Pembelajaran pasti mempunyai tujuan agar pembelajaran tersebut dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Oleh sebab itu MTs Negeri Gondowulung Bantul mempunyai cara supaya pembelajaran dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Oleh sebab itu guru bahasa Arab MTs Negeri Gondowulung Bantul menggunakan beberapa metode yang dipakai dalam mengajar. Metode tersebut yaitu metode langsung, metode membaca, metode pelafalan, dan metode qowaid wa-tarjamah. 2. efektifitas metode pembelajaran mencakup beberapa hal yaitu inputproses- output. Sedangkan hasil dari efektifitas metode pembelajaran yang diterapkan guru bahasa Arab di MTs Negeri Gondowulung Bantul kurang efektif. Dengan catatan bahwa materi yang disampaikan kurang bisa dipahami oleh peserta didik, baik materi kemahiran membaca, menulis, menyimak maupun berbicara. 3. Faktor pendukung pembelajaran adalah, adanya perpustakaan sekolah, guru yang kompeten pada bidangnya, bahasa yang digunakan dalam 102 penyampaian materi mudah dipahami peserta didik, adanya buku paket, ketersediaan waktu, materi, dan les baca iqro?. Sedangkan yang menjadi penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Gondowulung adalah, minimya fasilitas sekolah media pembelajaran, lingkungan sekolah yang kurang mendukung, lingkungan keluarga/masyarakat dalam menunjang pembelajaran bahasa Arab, latar belakang peserta didik terhadap kecintaan mata pelajaran bahasa Arab dan keadaan peserta didik yang belum bisa membaca ataupun menulis Arab. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Bahasa Arab KW - Media Pembelajaran KW - Metode Pembelajaran M1 - skripsi TI - METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011 AV - restricted EP - 163 ER -