%0 Thesis %9 Skripsi %A ASRIYADIN - NIM. 05460011, %B Fakultas Saintek %D 2011 %F digilib:5830 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Moving class, Motivasi, Prestasi. %T EFEKTIVITAS MOVING CLASS DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5830/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika dengan menerapkan sistem moving class pada proses pembelajaran fisika pada materi pokok suhu dan kalor. Pelaksanaan pembelajaran fisika dengan menerapkan sistem moving class diharapkan dapat diketahui perbedaan prestasi belajar fisika siswa berdasarkan nilai postes kelompok kontrol dan eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (experimental research) dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini terdiri atas dua kelas yaitu kelas X.A dan kelas X.B, dimana kelas X.A sebagai kelas kontrol dan kelas X.B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpul data adalah lembar observasi, lembar angket/kuesioner, dan lembar tes yaitu pretes dan postes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kovarians (anakova). Data yang digunakan untuk anakova adalah hasil dari tes siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung sebesar 5,11 lebih besar dari Ftabel senilai 4,06 dengan taraf signifikan 5%. Pembelajaran dengan menerapkan sistem moving class juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari angket motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan sistem moving class sebesar 68,48 % dan 8,09%. Jadi kenaikan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 15,61%. %Z Pembimbing : Winarti, M.Pd.Si.