%A BADRUS SALAM - NIM. 03430367 %O Pembimbing : 1. Drs. H. Sedyo Santosa, S. S, M. Pd. 2. Ibrahim, M. Pd. %T PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN METAFORA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XI SMA ISLAM 3 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010 %X ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah 1) guru masih sering monoton dalam melaksanakan pembelajaran matematika 2) kurangnya kreatifitas guru dalam menyampaikan pelajaran matematika 3) kurangnya motivasi siswa untuk mempelajari matematika 4) penggunaan metafora dalam pembelajaran matematika belum digunakan oleh guru pelajaran matematika 5) belum diketahuinya persepsi siswa terhadap penggunaan metafora dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan metafora dalam pembelajaran matematika di kelas Xl SMA Islam 3 Sleman Yogyakarta, dan 2) mengetahui pengaruh antara persepsi siswa terhadap penggunaan metafora dalam pembelajaran matematika dengan motivasi belajar siswa kelas Xl SMA Islam 3 Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam 3 Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Objek penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap penggunaan metafora dalam pembelajaran matematika. Data diperoleh dari lembar observasi, angket dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data dilakukan dengan uji-t dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi siswa sangat baik terhadap penggunaan metafora dalam pembelajaran matematika di kelas Xl SMA Islam 3 Sleman Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari hasil persentase persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan metafora yang menunjukkan bahwa mayoritas siswa setuju dengan penggunaan metafora dalam pembelajaran matematika. Adapun perbedaan motivasi belajar antara nilai pre tes dengan nilai pos tes menunjukkan harga 57,324 dan db 39, sedangkan pada taraf signifikansi 5% diperoleh harga tab t sebesar 1,684, dan 2) ada pengaruh persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model metafora terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,521. %K Persepsi, Motivasi, Metafora, Pembelajaran, Matematika %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5831