%0 Thesis %9 Skripsi %A Zuva Irawati, NIM.: 07420018 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:58313 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran Bahasa Arab, Kelas Internasional, Strategi Pembelajaran %P 113 %T STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS INTERNASIONAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58313/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan strategi pembelajaran bahasa Arab pada kelas internasional serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas internasional di MAN Yogyakarta III. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil obyek kelas internasional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Waktu pembelajaran yang singkat menjadikan semua materi pelajaran tidak bisa disampaikan semuanya. Oleh karena itu, guru memberikan tugas/PR kepada para siswa agar para siswa bisa belajar mandiri dan kreatif baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Sedangkan buku panduan yang digunakan selama pembelajaran adalah “Arobiyyatuna”. (2) Proses pelaksanaan strategi pembelajaran bahasa Arab pada kelas Internasional mencakup 3 hal, yaitu pendekatan, metode, dan tahap-tahap pembelajaran. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan individu, pendekatan kelompok, dan pendekatan edukatif. Adapun metode yang digunakan, yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode penugasan, metode demonstrasi, metode eksplorasi, dan metode konfirmasi. Dan tahap-tahap pembelajaran yang digunakan meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. (3) Faktor pendukung dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas Internasional diantaranya yaitu sikap keterbukaan antara guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung maupun di luar pembelajaran, siswa yang mahir bahasa Arab sangat membantu sekali dalam proses pembelajaran berlangsung, tingkat kecerdasan yang dimiliki setiap siswa pada kelas Internasional, sebagian siswa kelas Internasional sudah membiasakan diri berkomunikasi dengan bahasa Arab dan mempelajari bahasa Arab secara mendalam di luar jam pelajaran. Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas Internasional, yaitu masih ada sebagian siswa yang kurang lancar dalam membaca bahasa Arab, kurangnya komunikasi guru dengan siswa yang tidak bisa bahasa Arab maupun dengan siswa yang sudah mahir bahasa Arab, guru bahasa Arab yang masih belum menemukan strategi/metode yang tepat dalam pembelajaran. %Z Pembimbing: Drs. Radjasa Mu’tasim. M.Si.