%A NIM.: 07420022 Andriyana %O Pembimbing: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi M.M %T TANGGAPAN GURU DAN SISWA KELAS VIII TERHADAP BUKU TEKS MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERBITAN TOHA PUTRA SEMARANG (STUDI KOMPARATIF DI MTS LAB UIN SUNAN KALIJAGA DAN MTS DARUL ‘ULUM MUHAMMADIYAH TAHUN AKADEMIK 2010/2011) %X Penggunaan buku teks mata pelajaran bahasa Arab merupakan kebijakan dari MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) masing-masing Kabupaten. Oleh karena itu, penggunaan buku tersebut tanpa didahului oleh penelitian pendahuluan untuk mengetahui apakah buku tersebut cocok atau tidak, sesuai atau tidak digunakan di madrasah tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa dan guru sebagai pengguna buku terhadap buku teks mata pelajaran bahasa Arab yang di terbitkan oleh Toha Putra Semarang dengan membatasi masalah tentang perhatian dan pemahaman guru terhadap buku teks mata pelajaran bahasa Arab yang di terbitkan Toha Putra Semarang serta apakah ada perbedaan tanggapan mereka terhadap buku tersebut. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian studi komparatif. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan angket/quisioner, wawancara/interview, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan menggunakan uji statistik Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru dan siswa di MTs Negeri Lab UIN Sunan Kalijaga maupun MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah memberikan tanggapan yang positif, ini ditandai dengan sebaran tanggapan siswa yang memberikan tanggapan positif sebesar 68,00 %, dan hanya 32,00 % yang memberikan tanggapan negatif di MTs Negeri Lab UIN Sunan Kalijaga, dan sebesar 67,4 % memberikan tanggapan positif, serta hanya 32,6 % yang memberikan tanggapan negatif di MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah. Selain itu, secara keseluruhan tidak ada perbedaan yang signifikan antara tanggapan guru dan siswa kelas VIII di MTs Lab UIN dan MTs darul ‘Ulum Muhammadiyah. Adapun tanggapan guru di dua madrasah tersebut secara keseluruhan memberikan tanggapan yang positif juga, meskipun kategorinya berbeda, yakni di MTs Negeri Lab UIN Sunan Kalijaga memberikan tanggapan positif dengan kategori baik, sedangkan di MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah memberikan tanggapan positif dengan kategori memuaskan. %K Pelajaran Bahasa Arab, Guru, Buku Teks Mata Pelajaran %D 2011 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib58314