%0 Thesis %9 Skripsi %A Mifta Nurul Auliya, NIM.: 07420050 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:58318 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Strategi Information Search, Pembelajaran Qira’ah, Pendidikan Bahasa Arab %P 150 %T EKSPERIMENTASI STRATEGI INFORMATION SEARCH DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH SISWA KELAS XI DI MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58318/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar pembelajaran qira’ah kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunkan strategi information search) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tidak menggunakan strategi information search), mengetahui peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Gandekan Bantul tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 141 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rancangan nonprobability sampling berupa purposive sampling. Dari enam kelas diambil dua kelas yaitu kelas XI IPA I (17 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA II (15 siswa) sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan uji validitas dengan rumus Product Moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan rumus Kolmogorof-Smirnov. Analisis data dengan uji “t”. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar pembelajaran qira’ah siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol dan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan siswa kelompok eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post test kelompok kontrol sebesar 69,28 sedangkan kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata post test sebesar 92,86 dan rata-rata peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 37,33. Dengan melihat perbedaan skor rata-rata post test yang diperoleh masingmasing kelompok menunjukan bahwa strategi information search dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran qira’ah. %Z Pembimbing: Nurhadi, S.Ag, M.A