TY - THES N1 - Pembimbing : 1. Drs. H. Edi Prajitno, M.Pd. 2. Suparni, M.Pd. ID - digilib5832 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5832/ A1 - BUDI SUGANDI - NIM. 06600028, Y1 - 2011/03/11/ N2 - Pendekatan Problem Posing dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game-Tournament (TGT) menjadi salah satu alternatif pendekatan dan model pembelajaran matematika. Melihat kondisi pembelajaran matematika pokok bahasan prisma dan limas SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman diusulkan dalam penelitian ini diterapkan Pendekatan Problem Posing dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Game-Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah (1) menelaah peningkatkan hasil belajar matematika secara signifikan pembelajaran yang menerapkan pendekatan dan model tersebut di atas, (2) Menelaah perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara pembelajaran yang menerapkan pendekatan dan model tersebut dibanding pembelajaran yang menerapkan pendekatan problem posing dengan metode konvensional Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman, tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 148 siswa yang terbagi dalam 4 kelas dengan rataan 37 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu VIII-C sebagai kelas kontrol dan VIII-D sebagai kelas eksperimen. Variabel bebas adalah pendekatan problem posing dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal siswa dan pemberian posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dideskriptifkan dan diolah dengan hasil analisis uji t dua sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan ProblemPosing dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game-Tournament (TGT) (1) secara signifikan mengalami peningkatan pada hasil belajar matematika dengan tingkat kepercayaan 95%, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari 0,05. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara pembelajaran yang menerapkan pendekatan problem posing dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dibanding pembelajaran yang menerapkan pendekatan problem posing dengan metode konvensional dengan tingkat kepercayaan 95%, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,005 yang berarti lebih kecil dari 0,05. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pendekatan Problem Posing KW - Model Kooperatif Tipe Team-Game- Tournament (TGT) M1 - skripsi TI - PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-GAMETOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN (Penelitian Eksperimen Pokok Bahasan Prisma dan Limas) AV - restricted ER -