<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KEBERHASILAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PANDUAN TARSANA (TARTIL SARI’ NAGHAM) STUDI KASUS DI DESA BERAN NGAWI JAWA TIMUR"^^ . "Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Al-Qur’an senantiasa\r\nmengajarkan kebenaran kepada setiap yang membacanya. Kemampuan untuk\r\ndapat membaca Al-Qur’an menjadi sebuah keharusan bagi setiap umat Islam. Di\r\nkabupaten Ngawi masih banyak anak-anak, remaja, maupun orang tua yang belum\r\ndapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, bahkan sama sekali belum\r\npernah mempelajarinya. Berawal dari problem tersebut, enam tahun terakhir\r\nmuncul sebuah panduan baru dalam pembelajaran Al-Qur’an yang berusaha\r\nsedikit demi sedikit memberantas buta huruf Al-Qur’an di kabupaten Ngawi, yaitu\r\npanduan TARSANA.\r\nUntuk mengetahui bagaimana sebenarnya Keberhasilan Belajar Membaca\r\nAl-Qur’an dengan Panduan TARSANA, peneliti merumuskan masalah sebagai\r\nberikut: (1) Bagaimana implementasi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an\r\ndengan panduan TARSANA?, (2) Apa kelebihan dan kekurangan dalam\r\npembelajaran membaca Al-Qur’an dengan panduan TARSANA?, (3) Bagaimana\r\nhasil yang dicapai dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan panduan\r\nTARSANA?.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan latar Desa Beran\r\nNgawi Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara,\r\nobservasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna\r\nterhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah\r\ndikumpulkan, dan penarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukkan: (1) Proses Pembelajaran Membaca Al-\r\nQur’an dengan panduan TARSANA adalah menggunakan sistem 7 jam, dengan\r\npenyampaian materi pokok dan materi penunjang. Materi pokok berisi tentang\r\nseluruh isi dalam buku panduan pembelajaran TARSANA, dan materi penunjang\r\nyaitu kitab, gharaibul kalimah, serta tafsir. Metode yang digunakan adalah metode\r\ndrill, sorogan, ceramah, dan tanya jawab. Evaluasi yang digunakan adalah sistem\r\nevaluasi non tes berupa observasi partisipatif dan tes lisan sebagai salah satu\r\nbentuk evaluasi kualitatif. 2) Kelebihan dalam pembelajaran ini adalah belajarnya\r\nmulai dari huruf, cepat dapat membaca Al-Qur’an, menyenangkan, merindukan,\r\nsolidaritas antar santri semakin akrab, dan tempat-tempat yang digunakan menjadi\r\nmakmur. Kekurangan dalam pembelajaran ini adalah kurangnya ustadz atau\r\nustadzah dan sistem evaluasi tidak sistemik. Hasil yang dicapai dalm\r\npembelajaran ini yaitu sebagian besar masyarakat Beran sudah dapat membaca\r\nAl-Qur’an dengan baik."^^ . "2011-11-02" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 07470012"^^ . "Lilien Suminar Meishashi"^^ . "NIM.: 07470012 Lilien Suminar Meishashi"^^ . . . . . . "KEBERHASILAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PANDUAN TARSANA (TARTIL SARI’ NAGHAM) STUDI KASUS DI DESA BERAN NGAWI JAWA TIMUR (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KEBERHASILAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PANDUAN TARSANA (TARTIL SARI’ NAGHAM) STUDI KASUS DI DESA BERAN NGAWI JAWA TIMUR (Text)"^^ . . . . . "KEBERHASILAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PANDUAN TARSANA (TARTIL SARI’ NAGHAM) STUDI KASUS DI DESA BERAN NGAWI JAWA TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "KEBERHASILAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PANDUAN TARSANA (TARTIL SARI’ NAGHAM) STUDI KASUS DI DESA BERAN NGAWI JAWA TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "KEBERHASILAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PANDUAN TARSANA (TARTIL SARI’ NAGHAM) STUDI KASUS DI DESA BERAN NGAWI JAWA TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "KEBERHASILAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PANDUAN TARSANA (TARTIL SARI’ NAGHAM) STUDI KASUS DI DESA BERAN NGAWI JAWA TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "KEBERHASILAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PANDUAN TARSANA (TARTIL SARI’ NAGHAM) STUDI KASUS DI DESA BERAN NGAWI JAWA TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KEBERHASILAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PANDUAN TARSANA (TARTIL SARI’ NAGHAM) STUDI KASUS DI DESA BERAN NGAWI JAWA TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KEBERHASILAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PANDUAN TARSANA (TARTIL SARI’ NAGHAM) STUDI KASUS DI DESA BERAN NGAWI JAWA TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KEBERHASILAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PANDUAN TARSANA (TARTIL SARI’ NAGHAM) STUDI KASUS DI DESA BERAN NGAWI JAWA TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #58322 \n\nKEBERHASILAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PANDUAN TARSANA (TARTIL SARI’ NAGHAM) STUDI KASUS DI DESA BERAN NGAWI JAWA TIMUR\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .