<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses\r\npembelajaran, motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V MIN Yogyakarta I\r\ndengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD\r\ndalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.\r\nJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain\r\npenelitian ini menggunakan model Kemmis dan Me Taggart pada tahun 1988.\r\nMetode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi,\r\nwawancara, metode angket, metode tes atau lembar evaluasi. Data-data yang\r\ndikumpulkan berupa data motivasi dan prestasi belajar kognitif siswa.\r\nPengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket motivasi dan\r\nlembar soal pre-test dan post-test untuk data peningkatan prestasi siswa. Analisis\r\ndata untuk motivasi belajar siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif.\r\nSedangkan untuk data prestasi siswa diperoleh dari effect size yaitu selisih antara\r\nrerata post-test siklus I dan post-test pra tindakan atau selisih antara post-test\r\nsiklus II dan post-test siklus I.\r\nHasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi\r\nbelajar siswa kelas V MIN Yogyakarta I dengan menggunakan model\r\npembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dalam pembelajaran Pendidikan\r\nKewarganegaraan. Sebelum dilakukan tindakan nilai rerata motivasi siswa sebesar\r\n40,62 dengan kategori sedang dari 60 nilai rerata ideal. Setelah dilakukan\r\ntindakan, pada siklus I reratanya meningkat menjadi 58.16 dengan kategori baik\r\ndan pada siklus II reratanya meningkat lagi menjadi 59,41 juga dengan dengan\r\nkategori baik. Persentase peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum\r\ntindakan ke siklus I sebesar 43,18% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 2,14%.\r\nPada siklus I dan siklus II semua siswa yang berjumlah 24 siswa memiliki\r\nkategori baik. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa, sebelum dilakukan\r\ntindakan nilai rerata prestasi belajar siswa sebesar 56,25. Setelah dilakukan\r\ntindakan, pada siklus I reratanya meningkat menjadi 75,41 dan pada siklus II\r\nreratanya meningkat lagi menjadi 90,41. Persentase peningkatan prestasi belajar\r\nsiswa dari sebelum tindakan ke siklus I sebesar 34,06% dan dari siklus I ke siklus\r\nII sebesar 19,89%. Pada siklus I dari 24 siswa ada 20 siswa tuntas dan 4 siswa\r\ntidak tuntas, sedangkan pada siklus II semua telah tuntas.\r\nBerdasarkan hasil penelitian tersebut, tindakan yang dilakukan berupa\r\npenerapan strategi pembelajaran model Cooperative Learning Tipe STAD dalam\r\npembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan motivasi dan\r\nprestasi belajar pada siswa di kelas V MIN Yogyakarta I dikatakan berhasil."^^ . "2011-09-29" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 07480001"^^ . "Sarmadi"^^ . "NIM.: 07480001 Sarmadi"^^ . . . . . . "MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011 (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011 (Text)"^^ . . . . . "MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011 (Other)"^^ . . . . . . "MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011 (Other)"^^ . . . . . . "MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011 (Other)"^^ . . . . . . "MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011 (Other)"^^ . . . . . . "MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #58334 \n\nMENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011\n\n" . "text/html" . . . "Metode Pembelajaran" . . . "Motivasi" . .