@phdthesis{digilib58341, month = {November}, title = {PERANAN PENDIDIKAN AL QUR?AN NITIKAN YOGYAKARTA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08410045 Dahuri}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag.}, keywords = {Pendidikan Al Qur?an, Pembinaan Akhlak, Santri}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58341/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan anak-anak sejak dini harus mendapat perhatian lebih serius terutama dalam pendidikan akhlak agar mereka tidak menjadi anak-anak yang lemah iman sehingga tumbuh dewasa menjadi generasi yang solih dan solihah. Untuk melaksanakan pendidikan ini tidak hanya terletak pada lembaga formal (sekolah) tapi terutama keluarga dan juga lembagalembaga pendidikan di lingkungan masyarakat, misalnya Taman Pendidikan Al Qur?an (TPA). Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana peranan Pendidikan Al Qur?an Nitikan Yogyakarta dalam pembinaan akhlak santri, metode apa yang digunakan dalam pembinaan akhlak santri dan bagaimana hasil yang dicapai dalam pembinaan akhlak santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Pendidikan Al Qur?an Nitikan dalam membina akhlak santri serta mengetahui metode dalam pembinaan akhlak santri yang tidak terlepas dari faktor pendorong dan penghambat dalam pembinaan akhlak tersebut sehingga diketahui hasil dari pembinaan akhlak tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode pembinaan akhlak santri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di Pendidikan Al Qur?an Nitikan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan TPA dalam pembinaan akhlak santri dilakukan melalui bimbingan keagamaan yang terkait dengan penyampaian materi pelajaran, penggunaan metode, dan pelaksanaan kegiatan. Materi pelajaran yang disampaikan terdiri dari materi pokok dan materi tambahan. Metode pembinaan akhlak dilakukan secara klasikal (kelompok) yang dilakukan baik dalam penyampaian materi maupun dalam penyelesaian masalah yang dihadapi santri melalui keteladanan, pembiasaan, nasihat, pujian dan hukuman, serta pengawasan. Sedangkan kegiatan pembinaan akhlak santri dilakukan rutin setiap hari melalui kegiatan belajar mengajar dan juga melalui kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar. Pembinaan akhlak santri dilakukan dengan melatih dan membiasakan anak untuk bersikap dan berperilaku hormat, kedisiplinan, kejujuran, adil, murah hati, dan berani. Sehingga diharapkan nantinya menjadi anak yang solih dan solihah.} }