%0 Thesis %9 Skripsi %A AHMAD FAQIH - NIM. 05420024 %B /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ %D 2011 %F digilib:5836 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Bahasa Arab berbasis multikultural %T ANALISIS ISI BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KARYA DR. D. HIDAYAT DALAM PERSPEKTIF MULTIKULTURAL (Tinjauan Paradigma) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5836/ %X ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang bersifat analisis deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan filosofis dan juga pendekatan sosiologis. Penelitian ini merupakan sebuah analisis isi buku pelajaran bahasa arab dengan menggunakan perspektif multikultural. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana wawasan multicultural yang terkandung dalam buku pelajaran bahasa arab karya Dr. D Hidayat. Kemudian didalam penelitian ini juga di dalamnya dikaji tentang permasalahan bagimana konsep pendidikan Bahasa Arab berbasis multikultural dan bagaimana relevansi penerapan konsep Pendidikan Bahasa Arab berbasis multikurtural terhadap perkembangan Pendidikan Bahasa Arab. Hasil penelitian ini adalah bahwa paradigma yang dibangun dalam penyusunan buku pelajaran bahasa arab karya Dr.D Hidayat ini bersifat relegius. Dimana keseluruhan materi dibangun dalam kultur Arab Islami. Hal ini berdasarkan indicator tujuan bahwa tujuan yang ingin dicapai dari pembelajaran bahasa arab yang dijelaskan di dalam buku pembelajaran bahasa arab karya Dr.D Hidayat ini adalah untuk kopetensi budaya Arab Islami. Yang kemudian dari rumusan tersebut menentukan keseluruhan isi buku dimana di dalamnya banyak di dominasi oleh budaya Arab Islami dibandingkan dengan budaya lokal maupun global. Dominasi budaya arab islami ini terlihat pada tema-tema keislaman seperti nuzulul Qur'an, idull fitri dan idul adha serta al ayatul karimah. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah bahwa buku pelajaran bahasa arab karya Dr.D Hidayat belum sepenuhnya mengakomodir wawasan multikultural. div %Z Pembimbing: Drs. Radjasa, M.Si.