eprintid: 5836 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/58/36 datestamp: 2023-11-30 07:36:03 lastmod: 2023-11-30 07:36:16 status_changed: 2012-05-04 16:48:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AHMAD FAQIH - NIM. 05420024, title: ANALISIS ISI BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KARYA DR. D. HIDAYAT DALAM PERSPEKTIF MULTIKULTURAL (Tinjauan Paradigma) ispublished: pub full_text_status: restricted keywords: Bahasa Arab berbasis multikultural note: Pembimbing: Drs. Radjasa, M.Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang bersifat analisis deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan filosofis dan juga pendekatan sosiologis. Penelitian ini merupakan sebuah analisis isi buku pelajaran bahasa arab dengan menggunakan perspektif multikultural. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana wawasan multicultural yang terkandung dalam buku pelajaran bahasa arab karya Dr. D Hidayat. Kemudian didalam penelitian ini juga di dalamnya dikaji tentang permasalahan bagimana konsep pendidikan Bahasa Arab berbasis multikultural dan bagaimana relevansi penerapan konsep Pendidikan Bahasa Arab berbasis multikurtural terhadap perkembangan Pendidikan Bahasa Arab. Hasil penelitian ini adalah bahwa paradigma yang dibangun dalam penyusunan buku pelajaran bahasa arab karya Dr.D Hidayat ini bersifat relegius. Dimana keseluruhan materi dibangun dalam kultur Arab Islami. Hal ini berdasarkan indicator tujuan bahwa tujuan yang ingin dicapai dari pembelajaran bahasa arab yang dijelaskan di dalam buku pembelajaran bahasa arab karya Dr.D Hidayat ini adalah untuk kopetensi budaya Arab Islami. Yang kemudian dari rumusan tersebut menentukan keseluruhan isi buku dimana di dalamnya banyak di dominasi oleh budaya Arab Islami dibandingkan dengan budaya lokal maupun global. Dominasi budaya arab islami ini terlihat pada tema-tema keislaman seperti nuzulul Qur'an, idull fitri dan idul adha serta al ayatul karimah. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah bahwa buku pelajaran bahasa arab karya Dr.D Hidayat belum sepenuhnya mengakomodir wawasan multikultural. div date: 2011-03-25 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-03-25 10:05:27 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ahmadfaqih-5616-1-ahmadfa-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/113/digilib-uinsuka--ahmadfaqih-5616-1-ahmadfa-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=6234 ; nama file lama : AHMAD FAQIH - NIM. 05420024 ANALISIS ISI BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KARYA DR. D. HIDAYAT DALAM PERSPEKTIF MULTIKULTURAL (Tinjauan Paradigma).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 780501 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-03-25 10:05:27 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ahmadfaqih-5616-1-ahmadfa-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/113/digilib-uinsuka--ahmadfaqih-5616-1-ahmadfa-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=6234 ; nama file lama : AHMAD FAQIH - NIM. 05420024 ANALISIS ISI BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KARYA DR. D. HIDAYAT DALAM PERSPEKTIF MULTIKULTURAL (Tinjauan Paradigma).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 780501 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: AHMAD FAQIH - NIM. 05420024 (2011) ANALISIS ISI BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KARYA DR. D. HIDAYAT DALAM PERSPEKTIF MULTIKULTURAL (Tinjauan Paradigma). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5836/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5836/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf