%A NIM.: 08480033-E Eni Sulastri %O Pembimbing: Drs. Sri Haryatmo, M. Hum %T PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MIN JURANG JERO NGAWEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2010/2011 (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah siswa hanya sebagai penerima setumpuk materi yang akhirnya menjadi momok dan harus hafal di luar kepala. Hal tersebut dapat menurunkan motivasi siswa sehingga timbul kebosanan untuk belajar dan kompetensi pembelajaran yang dihasilkan dari pembelajaran tersebut akhirnya jauh dari yang diharapkan. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran dan keberhasilan prestasi belajar siswa kelas III MIN Jurangjero Ngawen Gunungkidul. Penelitian tindakan kelas ini mengambil subjek siswa kelas III MIN Jurangjero Ngawen Gunungkidul. Fokus penelitian ini adalah penerapan media Auido-Visual untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MIN Jurangjero Ngawen Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan statistik deskriptif. Sedangkan untuk data kualitatif dianalisa dengan kolabolator. Hasil penelitian menunjukkan : (1) penerapan media Audio Visual dalam pembelajaran membaca puisi dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar membaca puisi menggunakan intonasi, tinggi rendah, suara, dan ekspresi gerak tubuh. (2) Pada saat pembelajaran guru lebih kreatif sehingga membuat siswa lebih semangat, antusias, dan merasa senang. Hal ini bisa tampak pada skor nilai pembelajaran puisi siswa yag terus meningkat. Pada pre-test skor rata-rata adalah 55,45 sedangkan skor akhir tindakan siklus I adalah 65,45. Pada siklus II skor rata-rata adalah 70,90. Sementara itu, rata-rata pada saat post-test adalah 76,90. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mulai dari awal sebelum tindakan pretest hingga sesudah tindakan post-test mengalami peningkatan sebesar 27,89% yaitu dari skor rata-rata 55,45 menjadi 76,90. (3) Penerapan media audio-visual mampu meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas III yang berupa perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II. %K Pembelajaran Bahasa Indonesia, Media Pembelajaran, Audio Visual, Hasil Belajar Siswa %D 2011 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib58361