%A AMBARWATI FITRIASIH - NIM. 07420056 %O Pembimbing: DR.H. Nazri Syakur, M.A. %T PEMBELAJARAN MUFRADAT DENGAN METODE SOROGAN PADA SISWI I’DAD MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI TAHUN PELAJARAN 2010-2011 %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kelebihan dan kekurangan metode sorogan yang diterapkan di kelas I'dad Madrasah Diniyah Nurul Ummah putri untuk mempelajari mufradat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang Pondok Pesantern Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dari hasil penelitian ini akan di analisa dengan menggunakan analisa kualitatif, analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah dapat di tarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode sorogan sebagai metode dalam pembelajaran mufradat di kelas I'dad Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri mempunyai kelebihan yaitu karena sorogan bersifat individual maka guru dapat megecek langsung kemampuan hafalan masing-masing siswa. Kekurangannya yaitu sisiwa yang sudah menyetorkan hafalannya merasa bebas dengan beban hafalannya, sehingga mereka bermain sendiri dan mengganggu konsentrasi siswa yang masih menyetorkan hafalannya. %K Pembelajaran Mufradat , Metode Sorogan %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5838