<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENAFSIRAN KHATAM AL-NABIYYIN MENURUT AHMADIYAH QADIAN (STUDI TERHADAP AL-TAFSIR AL-SAGIR KARYA MIRZA BASYIRUDDIN MAHMUD AHMAD)"^^ . "Kemunculan berbagai perbedaan dalam menafsirkan al-Qur’an khususnya di\r\nkalangan organisasi-organisasi serta yayasan-yayasan keagamaan pada dasarnya merupakan\r\nsuatu yang realistis, karena hal tersebut tidak dapat dihindari apalagi sebuah penafsiran\r\njelas-jelas dipengaruhi oleh karakteristik perubahan sosial-budaya masyarakat. Ahmadiyah\r\nmerupakan salah satu organisasi keagamaan yang besar, perjuangan serta karyanya sudah\r\nbanyak dinikmati segenap masyarakat. Ahmadiyah Qadian muncul dan mulai berkembang\r\ndi atas pijakan utama dengan menentang kaidah umum yang menyatakan bahwa\r\nsesungguhnya Nabi Muhammad SAW adalah nabi penutup dari para nabi dan rasul. Kaidah\r\nini telah menjadi suatu hal yang sifatnya mendasar, atau satu di antara sekian banyak hal\r\nyang diterima (oleh akal) pada masa kerasulan. Akan tetapi, persepsi terhadap segala\r\nsesuatu akan berubah ketika waktu dan sesuatu itu saling berjauhan. Oleh karena itu,\r\nsesuatu yang tadinya merupakan sebuah ketetapan pada masanya, akhirnya berubah\r\nmenjadi sesuatu yang dapat diperdebatkan pada masa-masa yang lain, atau setidaknya\r\nsesuatu yang pasti itu dapat diteliti kembali.\r\nPada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library\r\nResearch), yaitu dengan menelaah semua sumber data, baik sumber data primer maupun\r\nsumber data sekunder. Metode yang digunakan adalah metode tematik (Mawdhū’iy).\r\nDari hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan beberapa hal yang\r\nberkaitan dengan masalah yang diteliti, yaitu: Pertama, ayat yang digunakan Mirza\r\nBasyiruddin dalam penafsirannya tentang khātam al-nabiyyīn adalah surat al-Ahzab (33)\r\nayat 41 (memakai al-Qur’an dan terjemahannya serta tafsir singkat karya Malik Ghulam\r\nFarid yang biasa digunakan dalam jama’ah Ahmadiyah Qadian). Mirza Basyiruddin\r\nmemaknai kata khātam al-nabiyyīn berarti materai para nabi; yang terbaik dan paling\r\nsempurna dari antara nabi-nabi; hiasan dan perhiasan nabi-nabi. Arti kedua ialah nabi\r\nterakhir. Ahmadiyah meyakini seyakin-yakinnya bahwa Yang Mulia Nabi Muhammad\r\nRasulullah adalah khātam al-nabiyyīn. Namun dalam pemahamannya Ahmadiyah lebih\r\nmemilih pemahaman Siti Aisyah r.a, istri suci Yang Mulia Rasulullah saw, yang\r\nmenjelaskan bahwa Nabi Muhammad adalah khātam al-nabiyyīn namun bukan berarti pintu\r\nkenabian dalam bentuk dan jenis apa pun sudah tertutup setelah kewafatan beliau. Kedua,\r\nadanya perbedaan konsep wahyu dan kenabian antara Mirza Basyiruddin dengan yang\r\ndipahami umat Islam pada umumnya. Menurut Mirza Basyiruddin, pintu wahyu masih tetap\r\nterbuka dan selama dosa-dosa dan kejahatan-kejahatan tetap ada dan tetap merusak akhlak\r\ndan ruhani manusia, maka Allah SWT perlu pula mengutus dokter-dokter (nabi-nabi) untuk\r\nmengobati penyakit-penyakit itu. Ketiga, implikasi konsep khātam al-nabiyyīn dalam\r\nkenabian yaitu bahwa kenabian atau kerasulan Mirza Ghulam Ahmad a.s itu adalah\r\nkenabian ghairu tasyri’i (kenabian tanpa syari’at) dan ghairu mustaqil (tidak berdiri\r\nsendiri), tapi terkait kepada Nabi Muhammad SAW."^^ . "2011-07-03" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 04531571"^^ . "Siti Nurbaya"^^ . "NIM.: 04531571 Siti Nurbaya"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KHATAM AL-NABIYYIN MENURUT AHMADIYAH QADIAN (STUDI TERHADAP AL-TAFSIR AL-SAGIR KARYA MIRZA BASYIRUDDIN MAHMUD AHMAD) (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENAFSIRAN KHATAM AL-NABIYYIN MENURUT AHMADIYAH QADIAN (STUDI TERHADAP AL-TAFSIR AL-SAGIR KARYA MIRZA BASYIRUDDIN MAHMUD AHMAD) (Text)"^^ . . . . . "PENAFSIRAN KHATAM AL-NABIYYIN MENURUT AHMADIYAH QADIAN (STUDI TERHADAP AL-TAFSIR AL-SAGIR KARYA MIRZA BASYIRUDDIN MAHMUD AHMAD) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KHATAM AL-NABIYYIN MENURUT AHMADIYAH QADIAN (STUDI TERHADAP AL-TAFSIR AL-SAGIR KARYA MIRZA BASYIRUDDIN MAHMUD AHMAD) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KHATAM AL-NABIYYIN MENURUT AHMADIYAH QADIAN (STUDI TERHADAP AL-TAFSIR AL-SAGIR KARYA MIRZA BASYIRUDDIN MAHMUD AHMAD) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KHATAM AL-NABIYYIN MENURUT AHMADIYAH QADIAN (STUDI TERHADAP AL-TAFSIR AL-SAGIR KARYA MIRZA BASYIRUDDIN MAHMUD AHMAD) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KHATAM AL-NABIYYIN MENURUT AHMADIYAH QADIAN (STUDI TERHADAP AL-TAFSIR AL-SAGIR KARYA MIRZA BASYIRUDDIN MAHMUD AHMAD) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN KHATAM AL-NABIYYIN MENURUT AHMADIYAH QADIAN (STUDI TERHADAP AL-TAFSIR AL-SAGIR KARYA MIRZA BASYIRUDDIN MAHMUD AHMAD) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN KHATAM AL-NABIYYIN MENURUT AHMADIYAH QADIAN (STUDI TERHADAP AL-TAFSIR AL-SAGIR KARYA MIRZA BASYIRUDDIN MAHMUD AHMAD) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN KHATAM AL-NABIYYIN MENURUT AHMADIYAH QADIAN (STUDI TERHADAP AL-TAFSIR AL-SAGIR KARYA MIRZA BASYIRUDDIN MAHMUD AHMAD) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #58386 \n\nPENAFSIRAN KHATAM AL-NABIYYIN MENURUT AHMADIYAH QADIAN (STUDI TERHADAP AL-TAFSIR AL-SAGIR KARYA MIRZA BASYIRUDDIN MAHMUD AHMAD)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . . . "Ahmadiyah Qadiyan" . .