<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP OTORITAS MANUSIA DALAM AL-QUR’AN (TELAAH MAKNA SURAT AR-RA’D AYAT 11 MENURUT PERSPEKTIF JAUDAT SAID DAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB)"^^ . "Penelitian yang diarahkan untuk mengungkap makna yang terkandung pada surat\r\nAr-Ra’d ayat 11 ini dilakukan dengan upaya pembacaan dan pemahaman pada penafsiran\r\nayat dengan acuan utama pada pemikiran dua tokoh, yakni Jaudat Said dan M. Quraish\r\nShihab, dengan berbagai rumusan masalah yang harus dipecahkan, bagaimana pandangan\r\nkedua tokoh mengenai otoritas manusia mengatur kehidupannya? Bagaimana keterkaitan\r\npemahaman antara takdir dan otoritas serta kewenangan manusia menentukan nasibnya?\r\nMaka dari itu hasil penelitian ini sangat urgen untuk melihat sisi perbedaan dan persamaan\r\nkeduanya dalam menafsirkan ayat-ayat motifatif dalam al-Qur’an.\r\nPenjelasan akan otoritas manusia dalam mengatur kehidupannya yang terdapat\r\ndalam ayat al-Qur’an khususnya pada surat Ar-Ra’d ayat 11 ini mengandung dua unsur\r\npokok yang sangat penting, yakni unsur teologi dan unsur moral atau sosial. Kedua unsur\r\ntersebut merupakan materi dakwah al-Qur’an untuk menunjukkan betapa Allah Swt\r\nmemberi kewenangan kepada manusia untuk menjadi khalifah Allah di muka bumi. Dari\r\nmateri al-Qur’an tersebut diharapkan manusia memiliki semangat untuk memperbaiki dan\r\nmengarahkan kondisi kehidupannya menuju takdir yang lebih baik.\r\nMengingat akan mandat sebagai khalifah Tuhan di muka bumi manusia diberi\r\nkemampuan untuk mengolah takdirnya, terutama melalui perangkat ilmu pengetahuan\r\nuntuk memahami hukum sebab-akibat yang telah ditakdirkan Tuhan pada setiap ciptaaan-\r\nNya. Dalam pembicaraan sehari-hari kata “takdir” cenderung dipahami sebagai kepastian\r\nyang mesti disikapi dengan kepasrahan, tidak perlu dinalar secara kritis. Namun, kalau kita\r\nmembaca Al-Quran, banyak ditemukan ayat-ayat yang kalau dicermati maknanya\r\nmenunjuk pada berlakunya hukum alam yang mengandung hukum kausalitas, (sebabakibat)\r\nyang menjadikan manusia hidup dengan pengaruh sebab perbuatannya.\r\nPenulis memahami dari hasil olah perpaduan antara pemikiran para tokoh bahwa\r\nmakna yang terkandung pada ayat ini memberikan pemahaman secara tekstual manusia\r\nmempunyai kewenangan untuk merubah jalan hidupnya, manusia diberikan daya\r\nkemampuan (istit}a‘ah) dan kehendak (masyi’ah) atau keinginan (iradah) yang Allah Swt\r\nberikan kepada manusia untuk memilih jalan hidupnya masing-masing. Kemudian\r\nmengingat teks ayat yang menggunakan lafadz Qowm yang artinya sebuah kaum atau\r\nmasyarakat, Jaudat Said menyimpulkan bahwa perubahan itu merupakan perubahan sosial\r\ndan atau perubahan yang lebih mengarah pada hal duniawi, sehingga searah dengan\r\npemahaman M. Quraish Shihab bahwa dapat disimpulkan manusia secara kolektif bisa\r\nmelakukan perubahan besar, semua itu dikarenakan manusia sebagai makhluk sosial yang\r\nbisa bersatu padu saling membahu dan dianugerahi kemampuan (otoritas) untuk mengelola\r\nkehidupannya.\r\nSelanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan yang\r\ncukup berarti bagi khazanah keilmuan Islam, terutama di bidang kajian tafsir al-Qur’an.\r\nSetelah penulis melakukan deskripsi dan analisis terhadap penafsiran Jaudat Said dan M.\r\nQuraish Shihab tentang otoritas manusia mengatur jalan hidupnya, maka penulis\r\nmendapatkan kesimpulan bahwa pesan teologis yang dimaksudkan adalah bahwa manusia .\r\nAdapun nilai sosialnya adalah untuk saling menjaga dan mengingatkan akan pentingnya\r\ninstropeksi diri dan saling mendorong antara sesama untuk melakukan perbaikan so"^^ . "2011-11-16" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 05530049"^^ . "Miftahul Arifin Hasan"^^ . "NIM.: 05530049 Miftahul Arifin Hasan"^^ . . . . . . "KONSEP OTORITAS MANUSIA DALAM AL-QUR’AN (TELAAH MAKNA SURAT AR-RA’D AYAT 11 MENURUT PERSPEKTIF JAUDAT SAID DAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB) (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP OTORITAS MANUSIA DALAM AL-QUR’AN (TELAAH MAKNA SURAT AR-RA’D AYAT 11 MENURUT PERSPEKTIF JAUDAT SAID DAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB) (Text)"^^ . . . . . "KONSEP OTORITAS MANUSIA DALAM AL-QUR’AN (TELAAH MAKNA SURAT AR-RA’D AYAT 11 MENURUT PERSPEKTIF JAUDAT SAID DAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP OTORITAS MANUSIA DALAM AL-QUR’AN (TELAAH MAKNA SURAT AR-RA’D AYAT 11 MENURUT PERSPEKTIF JAUDAT SAID DAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP OTORITAS MANUSIA DALAM AL-QUR’AN (TELAAH MAKNA SURAT AR-RA’D AYAT 11 MENURUT PERSPEKTIF JAUDAT SAID DAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP OTORITAS MANUSIA DALAM AL-QUR’AN (TELAAH MAKNA SURAT AR-RA’D AYAT 11 MENURUT PERSPEKTIF JAUDAT SAID DAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP OTORITAS MANUSIA DALAM AL-QUR’AN (TELAAH MAKNA SURAT AR-RA’D AYAT 11 MENURUT PERSPEKTIF JAUDAT SAID DAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP OTORITAS MANUSIA DALAM AL-QUR’AN (TELAAH MAKNA SURAT AR-RA’D AYAT 11 MENURUT PERSPEKTIF JAUDAT SAID DAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP OTORITAS MANUSIA DALAM AL-QUR’AN (TELAAH MAKNA SURAT AR-RA’D AYAT 11 MENURUT PERSPEKTIF JAUDAT SAID DAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP OTORITAS MANUSIA DALAM AL-QUR’AN (TELAAH MAKNA SURAT AR-RA’D AYAT 11 MENURUT PERSPEKTIF JAUDAT SAID DAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #58401 \n\nKONSEP OTORITAS MANUSIA DALAM AL-QUR’AN (TELAAH MAKNA SURAT AR-RA’D AYAT 11 MENURUT PERSPEKTIF JAUDAT SAID DAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .