<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN\r\nSTUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO\r\nDALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN"^^ . "Al-adl dalam bahasa arab adalah merupakan bentuk masdar dari kata kerja\r\n‘adala – ya‘dilu – ‘adlan – wa ‘udûlan – wa ‘adâlatan ( – عَدَلَ – يَعْدِلُ – عَدْلاً – وَعُدُوْلاً\r\nوَعَداَلَةً ) . Kata kerja ini berakar pada huruf-huruf ‘ain ( عَيْن ), dâl ( دَال ), dan lâm ( ,(لاَم\r\nyang makna pokoknya adalah ‘al-istiwâ’’ ( اَلْاِسْتِوَاء = keadaan lurus) dan ‘al-i‘wijâj’\r\nاَلْاِعْوِجَاج) = keadaan menyimpang). Jadi rangkaian huruf-huruf tersebut mengandung\r\nmakna yang ber-tolak belakang, yakni ‘lurus’ atau ‘sama’ dan ‘bengkok’ atau\r\n‘berbeda’. Dari makna pertama, kata ‘adl berarti ‘menetapkan hukum dengan benar’..\r\nJadi, seorang yang ‘adl adalah berjalan lurus dan sikapnya selalu menggunakan\r\nukuran yang sama, bukan ukuran ganda. ‘Persamaan’ itulah yang merupakan makna\r\nasal kata ‘adl, yang menjadikan pelakunya “tidak berpihak” kepada salah seorang\r\nyang berselisih, dan pada dasarnya pula seorang yang ‘adl “berpihak kepada yang\r\nbenar” karena baik yang benar maupun yang salah sama-sama harus mem peroleh\r\nhaknya. Dengan demikian, ia melakukan sesuatu yang patut dan tidak sewenangwenang.\r\nIndonesia biarpun dikatakan masih menjadi negara berkembang,namun dalam\r\nkonteks sosial masyarakat saat ini dapat dikatakan perhatian masyarakat terhadap halhal\r\nyang bersifal ilmiah atau sains lebih digemari oleh masyarakat, dari pada hal-hal\r\nyang berdimensi religi. Sehingga nilai-nilai keilahian yang bersifat transendental\r\nmengalami kemunduran, karena tidak dibarengi dengan nilai-nilai spiritual.. Kajian\r\ntentang al-adl adalah merupakan satu langkah pemahaman terhadap masyarakat\r\nmodern saat ini, dimana nilai-nilai keadilan harus ditegakkan. sehingga dengan\r\ntercapainya keadilan pada suatu tatanan masyarakat, dapat tercapainya kesejahteraan\r\ndan kemakmuran pada masyarakat itu sendiri. Quraish Shihab dan Dawam Rahardjo\r\nadalah merupakan tokoh mufasir kontemporer yang cukup banyak mengkaji tematema\r\nsosial modern khususnya tentang al-adl ( keadillan). Keduanya sama-sama\r\nmenuangkan karya tafsirnya terkait dengan hal tersebut, akan tetapi keduanya\r\nmelakukan pendekatan yang berbeda dalam menafsirkan al-adl. Disinilah pentingnya\r\npenulis melakukan penelitian tentang penafsiran al-adl menurut Quraish Shihab dan\r\nDawam Rahardjo dalam buku Wawasan Al-Qur’an dan Ensiklopdi Al-Qur’an.\r\nAdapun data sekunder penulis ambil dari berbagai artikel, buku, ataupun naskah yang\r\nterkait dengan al-adl.\r\nSetelah penulis melakukan penelitian, peneliti menemukan sejumlah ayat\r\nyang ditafsirkan berikut kontribusi atau relevansi yang dapat diambil dari penafsiran\r\nke-dua tokoh tersebut, diantaranya : Q.S Al-Infithar (82):7 , mereka menafsirkan aladl\r\npada ayat tersebut adalah sesuatu yang seimbang, kemudian Q.S Al-Maidah (5):\r\n8, pada ayat ini kedua tokoh menafsirkan al-adl adalah sesuatu yang dekat dengan\r\nketakwaan. Kontribusi atau relevansi dari penafsiran kedua tokoh tersebut paling\r\ntidak yaitu memberikan pemahaman nilai-nilai keadilan lebih mendalam,khususnya\r\npada kondisi sosial saat ini."^^ . "2011-11-14" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 06530035"^^ . "Mohammad Ismail"^^ . "NIM.: 06530035 Mohammad Ismail"^^ . . . . . . "KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN\r\nSTUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO\r\nDALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN\r\nSTUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO\r\nDALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN (Text)"^^ . . . . . "KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN\r\nSTUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO\r\nDALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN\r\nSTUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO\r\nDALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN\r\nSTUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO\r\nDALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN\r\nSTUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO\r\nDALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN\r\nSTUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO\r\nDALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN\r\nSTUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO\r\nDALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN\r\nSTUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO\r\nDALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN\r\nSTUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO\r\nDALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #58420 \n\nKONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN \nSTUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO \nDALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Al Qur'an - Metode" . .