<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP ETIKA DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAIB\r\nKARYA FAKHRUDDIN AR-RAZI: PERSPEKTIF IMMANUEL KANT"^^ . "Secara praktis, filsafat etika merupakan kajian keilmuan mengenai watak\r\n(tabi’ah) atau tingkah laku lahiriah manusia yang timbul dari bathiniahnya.\r\nDalam beberapa literatur dan sumber-sumber otoritatif, yang merupakan produk\r\ndari diskursus keilmuan Islam tentang akhlak atau etika sangatlah banyak, mulai\r\ndari yang berdasarkan kepada pemikiran-pemikiran filsafat Yunani dan tradisi\r\nparepatetik Islam, etika yang berdasarkan otoritas wahyu, sampai sintesa dari\r\nkedua corak tersebut. Kesemuanya tiada lain adalah untuk melanjutkan misi\r\nutama ( الغاية القصوة ) ke-Nabian dalam memperbaiki moral umat.\r\nOleh karenanya, hampir keseluruhan dari cendikiawan muslim dalam\r\nmembahas soal etika, tak lepas dari pembahasannya mengenai pribadi Nabi\r\nMuhammad. Sebab Ia-lah Nabi utusan Tuhan untuk memperbaiki moral ummat,\r\nsebagai figur sekaligus sosok ideal paling sempurna yang mencapai derajat insan\r\nkamil. Ar-Razi adalah sosok mufassir yang menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an\r\nmengenai pribadi Muhammad dengan pendekatan yang cendrung lebih rasional.\r\nIa seorang mufassir yang menganggap keagungan akhlak Nabi merupakan watak\r\n(tabi’ah) yang memang menjadi nikmat Tuhan untuknya.\r\nImmanuel Kant dianggap sebagai bapak etika - kendati istilah tersebut\r\ntidak benar-benar dapat dikatakan berasal darinya. Diawali dengan pernyataan\r\nbahwa satu-satunya hal baik yang tak terbatasi dan tanpa pengecualian adalah\r\n“kehendak baik”. Sejauh orang berkehendak baik maka orang itu baik, penilaian\r\nbahwa seseorang itu baik sama sekali tidak tergantung pada hal-hal diluar dirinya,\r\ntak ada yang baik dalam dirinya sendiri kecuali kehendak baik. Wujud dari\r\nkehendak baik yang dimiliki seseorang adalah bahwa ia mau menjalankan\r\nKewajiban. Itulah tindakan moralis dalam konsepsi Kant.\r\nSosok keidealan Muhammad diakui bersamaan dengan turunnya agama\r\nyang Tuhan amanahkan kepadanya. Persoalannya adalah apakah memang benar\r\nbahwa Nabi berbudi luhur karena watak dan kepribadiannya yang agung, atau\r\nkarena agama samawi yang ia bawa yang menjadi penyebab keagungan beliau?\r\nDilatarbelakangi persoalan tersebut, dengan menggunakan metode analisis\r\npustaka dan pendekatan deskriptif analitik, penelitian ini mencoba melakukan\r\npengamatan lebih lanjut tentang bagaimana keagungan budi Muhammad sebagai\r\nsosok panutan. Bagaimana moral sang Nabi agung Muhammad dipandang dengan\r\nmenggunakan kacamata Immanuel Kant?\r\nAr-Razi menganggap bahwa keagungannya bukan semata-mata karena\r\nagama agung yang Ia bawa, melainkan memang keperibadian Muhammad yang\r\nbenar-benar agung. Dalam tindakan Muhammad, ia tak terpengaruh oleh apapun\r\nkecuali kehendak baik itu sendiri. Muhammad mampu keluar dari demensi unsur\r\nketerpaksaan. Dan Kant menganggap lepas dari keterpakasaan merupakan syarat\r\nutama tindakan seseorang bisa dikategorikan sebagai tindakan yang memiliki nilai\r\nmoral tinggi. Pada titik inilah pertemuan dua pemikiran antara ar-Razi, sebagai\r\nfilsuf islam, dan Immanuel Kant, sebagai sosok filsuf barat, yang sangat khas,\r\ndimana konsep keduanya diketengahkan dalam perpaduan yang harmonis, justeru\r\ndengan prinsip-prinsil moralitas yang sangat fundamental"^^ . "2011-11-16" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 07530006"^^ . "Fawaid Abrari"^^ . "NIM.: 07530006 Fawaid Abrari"^^ . . . . . . "KONSEP ETIKA DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAIB\r\nKARYA FAKHRUDDIN AR-RAZI: PERSPEKTIF IMMANUEL KANT (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP ETIKA DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAIB\r\nKARYA FAKHRUDDIN AR-RAZI: PERSPEKTIF IMMANUEL KANT (Text)"^^ . . . . . "KONSEP ETIKA DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAIB\r\nKARYA FAKHRUDDIN AR-RAZI: PERSPEKTIF IMMANUEL KANT (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP ETIKA DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAIB\r\nKARYA FAKHRUDDIN AR-RAZI: PERSPEKTIF IMMANUEL KANT (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP ETIKA DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAIB\r\nKARYA FAKHRUDDIN AR-RAZI: PERSPEKTIF IMMANUEL KANT (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP ETIKA DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAIB\r\nKARYA FAKHRUDDIN AR-RAZI: PERSPEKTIF IMMANUEL KANT (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP ETIKA DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAIB\r\nKARYA FAKHRUDDIN AR-RAZI: PERSPEKTIF IMMANUEL KANT (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP ETIKA DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAIB\r\nKARYA FAKHRUDDIN AR-RAZI: PERSPEKTIF IMMANUEL KANT (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP ETIKA DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAIB\r\nKARYA FAKHRUDDIN AR-RAZI: PERSPEKTIF IMMANUEL KANT (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP ETIKA DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAIB\r\nKARYA FAKHRUDDIN AR-RAZI: PERSPEKTIF IMMANUEL KANT (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #58435 \n\nKONSEP ETIKA DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAIB \nKARYA FAKHRUDDIN AR-RAZI: PERSPEKTIF IMMANUEL KANT\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . . . "Akhlak - Etika" . .